Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CEO Microsoft Sambangi Peluncuran Samsung Galaxy Note 10

Kompas.com - 08/08/2019, 17:02 WIB
Yudha Pratomo,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada pemandangan menarik saat peluncuran Galaxy Note 10 pada Rabu, (7/8/2019) waktu New York. CEO Microsoft, Satya Nadella turut hadir dan berjabat tangan dengan kepala bisnis smarphone Samsung DJ Koh di panggung.

Nadella bukan kebetulan sedang lewat. Orang nomor satu di Microsoft ini memang ingin menyampaikan pengumuman kerjasama antara raksasa software tersebut dengan Samsung.

Kerja sama ini menurut Nadella adalah sebuah komitmen jangka panjang untuk menghilangkan kesenjangan antara perangkat mobile dengan PC. Caranya, Samsung bakal membenamkan aplikasi "Your Phone" milik Microsoft pada Galaxy Note 10.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap dan Harga Samsung Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus

Aplikasi ini dapat menghubungkan perangkat dengan perangkat komputer sehingga pengguna bisa mengirim pesan teks, notifikasi, bahkan menampilkan seluruh layar ponsel ke komputer berbasis Windows 10.

Selain itu Samsung juga memberikan dukungan sinkronisasi OneDrive secara langsung ke galeri foto Android. Nantinya, foto yang tersimpan pada perangkat juga dapat disimpan langsung ke layanan cloud milik Microsoft ini.

Seperti dilaporkan jurnalis Kompas.com, Wahyunanda Kusuma, langsung dari acara peluncuran Note 10, Shilpa Ranganathan, Head of Mobile & Cross-device Experiences Microsoft, mengatakan bahwa aplikasi Your Phone nantinya juga akan memudahkan pengguna yang ingin melakukan panggilan telepon.

"Ini adalah awal dari kolaborasi yang luar biasa antara Microsoft dan Samsung," ungkap Ranganathan.

Selain itu, Samsung juga membenamkan beberapa aplikasi Office milik Microsoft dalam perangkatnya, seperti Word, Excel, Powerpoint dan Outlook. Semua aplikasi Office tersebut sudah tersedia tanpa harus diunduh lebih dulu lewat Google Play Store.

Baca juga: Penampilan Lengkap Samsung Galaxy Note 10, Langsung dari New York

Ini bukan pertama kalinya Microsoft dan Samsung melakukan kerja sama strategis. Empat tahun lalu, dua perusahaan besar tersebut juga pernah menjalin kerja sama pada perangkat Galaxy S6.

Bahkan, dua tahun setelahnya, Microsoft kembali bekerja sama dengan Samsung dan merilis Galaxy S8 Microsoft Edition, yang dijual beserta dengan aplikasi dari Microsoft dalam paket pembelian.

Dengan kerja sama baru ini, Microsoft pun akan ikut menjual perangkat Galaxy Note 10 di toko ritelnya.

Selain itu, Microsoft juga memiliki penawaran pre-order Galaxy Note 10 dengan bonus langganan Spotify Premium selama enam bulan atau mendapatkan kredit Samsung dengan nominal 150 dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com