Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Galaxy Note 10 Bisa Dikendalikan dari Laptop

Kompas.com - 09/08/2019, 19:08 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Seperti generasi Galaxy Note sebelumnya, duo Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10+ yang baru saja diluncurkan juga kebagian salah satu fitur ekosistem Samsung, yaitu Samsung DeX.

Fitur ini menyulap ponsel jadi PC dengan cara menyambungkannya ke televisi atau monitor dengan mekanisme mirrorring. Perangkat input tambahan seperti mouse dan keyboard juga bisa dihubungkan ke ponsel. 

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10 Plus

Untuk Galaxy Note 10, implementasinya sedikit berbeda dan lebih canggih karena smartphone tersebut juga bisa dikendalikan dari laptop. Caranya cukup dengan mengkoneksikan ponsel ke laptop dengan kabel data USB type-C.

Pengguna nantinya bisa memindahkan data dari ponsel ke laptop atau sebaliknya, memasang atau menghapus aplikasi di ponsel dari laptop, menghapus file di dalam ponsel, membalas pesan, dan lain sebagainya.

Aplikasi-aplikasi di ponsel pun dapat dijalankan dalam mode DeX, mencakup beberapa judul populer seperti Microsoft Word, Power Point, Excel, Google Drive, Chrome, hingga editor video Adobe Premiere Rush dan game Vainglory. 

juga: Selisih Harga Rp 5 Juta, Ini Beda Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus

Fitur Samsung DeX terbaru ini mendukung laptop atau komputer yang menjalankan sistem operasi Windows 10 dan Mac OS, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TheVerge, Kamis (8/8/2019).

Perlu ditambahkan bahwa fungsi baru Samsung DeX di atas membutuhkan aplikasi terpisah yang mesti dipasang di PC Windows atau Mac. Software ini baru akan tersedia setelah Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10+ dirilis ke pasaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com