Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Samsung Galaxy Note 10 Berukuran Lebih Kecil dari Galaxy Note 9

Kompas.com - 09/08/2019, 21:02 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

NEW YORK, KOMPAS.com - Semenjak debutnya tahun 2011, ponsel seri Galaxy Note dari Samsung selalu meluncur dalam satu model saja. Kalaupun ada yang beda hanya varian berdasarkan kapasitas RAM dan memori internal saja.

Namun, tahun ini Samsung memutuskan untuk memecah Galaxy Note terbaru dalam dua model, yakni Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10+. Keduanya memiliki sejumlah perbedaan, termasuk dalam hal ukuran layar, memori, konfgurasi kamera, dan tentu saja harga.

Ada apa di balik perubahan tersebut? Head of Product Marketing IT & Mobile Samsung Electronics Indonesia Denny Galant mengatakan pihaknya berusaha merangkul sebanyak mungkin konsumen dengan menyediakan alternatif ukuran yang lebih ringkas dari biasanya.

Baca juga: Selisih Harga Rp 5 Juta, Ini Beda Samsung Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus

“Banyak orang yang mau mencoba Galaxy Note, tetapi salah satu faktor yang menjadi pertimbangan karena besar dan agak berat," jelas Denny saat ditemui KompasTekno dalam rangkaian peluncuran Galaxy Note 10 di New York, AS, Kamis (8/8/2019).

Alternatif “lebih ringan” yang dimaksud adalah Galaxy Note 10 reguler. Perangkat ini memilki dimensi fisik 151 x 71,8 x 7,9mm dan bobot 168 gram. Ukuran tersebut lebih kecil dari Galaxy Note 9 sebelumnya yang berdimensi 161,9 x 76,4, 8,8 mm dengan bobot 201 gram.

Model yang memiliki ukuran yang sebanding dengan Galaxy Note 9 adalah Galaxy Note 10+, dimensi fisiknya 162,3 x 77,2 x 7,9mm dengan bobot 196 gram.

Jadi, dengan adanya dua model di atas, boleh dibilang bukannya Samsung merilis Galaxy Note 10 berukuran lebih besar, tapi justru yang berukuran lebih kecil (Galaxy Note 10 reguler).

“Dengan adanya Note 10 (reguler), orang yang mempertimbangkan alasan bobotnya yang berat dan ukuran yang besar, sekarang ada alternatif," imbuh Denny.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus

Meski ukuran badannya lebih kecil dari Galaxy Note 9, bentang layar Galaxy Note 10 reguler hampir sama lebar (6,3 inci, berbanding 6,4 inci pada Galaxy Note 9) karena layarnya lebih memenuhi bagian depan dengan menempatkan kamera selfie di lubang punch hole.

Sementara, bentang layar Galaxy Note 10+ yang memiliki ukuran fisik serupa dengan Galaxy Note 9 mencapai 6,8 inci. Screen to body ratio Galaxy Note 10 dan Note 10+ diklaim meningkat 5 persen dibanding perangkat terdahulu.

Di Indonesia, Samsung Galaxy Note 10 8 GB/ 256 GB dijual dengan harga Rp 14 juta. Sementara Galaxy Note 10+ mulai dibanderol dengan harga 16,5 juta untuk varian memori RAM 12 GB/ 256 GB dan Rp 19 juta untuk varian RAM 12GB/ 512GB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com