Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tombol Daya Galaxy Note 10 Punya Fungsi Lain

Kompas.com - 12/08/2019, 17:07 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

NEW YORK, KOMPAS.com - Samsung benar-benar merombak desain Galaxy Note 10, selain merilis lebih banyak varian dibanding tahun lalu, Samsung juga meminimalisir tombol fisik di bodi Galaxy Note 10.

Tombol fisik khusus Bixby, yang menjadi ciri khas flagship Samsung, resmi dipensiunkan di Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus. Tapi bukan berarti asisten virtual Samsung itu tidak bisa "dipanggil" dengan tombol fisik.

Samsung menyematkan satu tombol fisik khusus di bawah tombol volume, yang bisa dipersonalisasi. Secara default, tombol tersebut adalah tombol daya (power) yang sekaligus berfungsi sebagai pengunci layar.

Tombol ini bisa diganti untuk memanggil asisten digital Bixby, membuka kamera, atau aplikasi lainnnya. Personalisasi bisa dilakukan dengan membuka menu pengaturan, kemudian pilih opsi "Advanced Feature".

Baca juga: Video: Hands-on Samsung Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus dari New York

Lalu, pilih opsi "side key" untuk mengatur fungsi tombol yang terletak di sisi kiri tersebut. Ada tiga opsi yang bisa dipilih untuk aksi double klik, yakni membuka kamera, Bixby, atau membuka aplikasi lainnya.

Cara mengkustom tombol daya di Galaxy Note 10 dan Note 10 PlusWahyunanda Kusuma Pertiwi/Kompas.com Cara mengkustom tombol daya di Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus

Sementara untuk aksi tekan dan tahan tombol, ada dua pilihan, yakni memanggil Bixby, dan menyalakan/mematikan perangkat. Perlu diingat, setelah dipersonalisasi, pemanggilan Bixby atau aplikasi lain baru bisa dilakukan setelah kunci layar dibuka.

Baca juga: Samsung Galaxy Note 10 Plus Punya Kamera Keempat, Apa Fungsinya?

Setelah tombol daya dipersonalisasi, cara menghidupkan dan mematikan perangkat pun berubah. Untuk keterangan lebih lanjut, bisa dilihat di menu "how to power off your phone".

Setelah diatur lewat menu tadi, tombol ikon power akan tersemat di pojok atas, bersebelahan dengan ikon pengaturan saat menggulir layar notifikasi dari atas ke bawah.

Ikon tombol daya Galaxy Note 10 dan Note 10 PlusWahyunanda Kusuma Pertiwi/Kompas.com Ikon tombol daya Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus

Cara "Screenshot"

Lantas, jika tombol daya berubah fungsi, apakah masih bisa mengambil tangkapan layar (screenshot) dengan tombol daya?

Tangkapan layar tetap bisa dilakukan dengan tombol fisik tersebut, baik setelah dipersonalisasi menjadi tombol Bixby atau tetap menjadi tombol daya. 

Caranya dengan menekannya bersamaan dengan tombol volume bawah (-) secara bersamaan dengan cepat.

Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan kontrol gestur, yakni dengan menggerakkan sisi samping tangan dari kanan ke kiri atau sebaliknya di depan layar.

Secara desain, Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus lebih tipis dibanding Galaxy Note 9.
Bahkan, bobotnya pun cukup jauh lebih ringan.

Baca juga: Selisih Harga Rp 5 Juta, Ini Beda Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus

Selain tombol fisik yang bisa dipersonalisasi, perubahan lain tampak di sisi bawah ponsel, yakni hilangnya jack audio 3,5 mm.

Sebagai alternatif, pengguna bisa menggunakan earphone nirkabel, atau bisa juga menggunakan earset dengan konektor USB C, yang juga disertakan di dalam kotak kemasan.

Di Indonesia, Galaxy Note 10 dengan RAM 8 GB/256 GB dijual dengan harga Rp 13.999.000.
Sementara Galaxy Note 10 Plus varian RAM 12 GB/256 GB dijual seharga Rp 16.499 dan varian RAM 12GB/512GB dijual seharga Rp 18.999.000.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com