Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baterai Ponsel Boros, Aplikasi Google Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Kompas.com - 17/08/2019, 08:33 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Google Play Services bisa diibaratkan sebagai pusat segala layanan Google yang mengatur berbagai hal seperti fungsi GPS, push notification, hingga proses background. Namun, aplikasi ini ternyata juga bisa memboroskan baterai ponsel Android.

Tepatnya, sebuah bug di Google Play Services versi 18.3.82 belakangan banyak dikeluhkan mambuat baterai boros. Bug tersebut menyebabkan daya tetap tersedot meski perangkat sedang dalam mode stand by atau tidak dipakai.

Lantaran menimpa Google Play Services yang memegang peranan penting dan luas di perangkat Android, bug baterai boros pun menyebar ke berbagai versi Android dan ponsel dari aneka vendor.

Untuk melihat apakah ponsel Anda terdampak, buka menu "Settings", lalu buka menu baterai dan pilih opsi "Show full device usage" dari menu tiga titik di pojok kanan atas.

Di sini akan ditampilkan aplikasi mana saja yang paling banyak mengkonsumsi daya perangkat, seperti tampak dalam screenshot dalam tweet di bawah.


Apabila Google Play Services bercokol di urutan tiga besar dengan konsumsi daya belasan atau puluhan persen, maka kemungkinan besar aplikasi tersebut di ponsel memang bermasalah.

Baca juga: Cara Menghemat Kuota Data Instagram Android

Bagaimana cara mengatasinya? Belum ada solusi yang jelas untuk masalah ini, tapi ada beberapa langkah yang bisa dicoba, seperti membersihkan cache dan storage Google Play Store di menu aplikasi dalam "Settings" di ponsel.

Bisa juga mencoba turunkan (downgrade) aplikasi Google Play Services ke versi sebelum 18.3.82 yang bermasalah, meskipun nantinya akan diperbarui lagi secara otomatis oleh ponsel.

Baca juga: Cara Hemat Baterai Android Seperti Ini Justru Bikin Boros

Google Play Services versi lawas bisa didapatkan di situs mirroring aplikasi Android, seperti APKPure atau APKMirror, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari AndroidPolice, Sabtu (17/8/2019).

Cara mengetahui versi aplikasi Google Play Services

Untuk mengetahui versi Google Play Services yang terpasang di smartphone Android, Anda dapat mengikuti langkah berikut.

Buka pengaturan atau "Settings". Di sini, pilih menu "Apps". Kemudian, cari aplikasi Google Play Services dan klik aplikasi tersebut.

Setelah itu, scroll halaman hingga ujung paling bawah, lalu akan terlihat nomor versi Google Play Services di ponsel.

Langkah-langkah mengetahui versi Google Play StoreKOMPAS.com/Bill Clinten Langkah-langkah mengetahui versi Google Play Store

Jika versi yang tercantum memang 18.3.82, tapi tidak bermasalah menyedot daya, maka tak ada yang perlu dilakukan. Namun, apabila ternyata Google Play Store membuat boros baterai, Anda bisa mencoba metode downgrade dan clear cache seperti tersebut di atas.

Meski demikian, cara-cara tadi hanya bersifat sementara. Semoga saja Google lekas menemukan penyebab bug Google Play Services yang memboroskan baterai ponsel dan menyalurkan perbaikannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com