Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kominfo Ingatkan Warganet agar Punya Kecakapan Digital

Kompas.com - 20/08/2019, 16:21 WIB
Yudha Pratomo,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kedatangan internet dan era digital membuat orang menjadi lebih mudah untuk berinteraksi dengan sesama. Cukup menggunakan media sosial agar dapat saling terhubung satu sama lain.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengingatkan warganet agar tak hanya mengandalkan kecerdasan intelektual (IQ) saja untuk berinteraksi di internet, tapi juga harus memiliki kecakapan digital (DQ) supaya mendapat efek positif dan terhindar dari hal negatif.

Baca juga: Orang Indonesia Dianggap Belum Sadar Pentingnya Keamanan Data Pribadi

Hal tersebut diutarakan Staf Ahli Kementerian Kominfo Bidang Kebijakan Digital, Dedy Permadi. Menurut dia, kecakapan digital atau Digital Quotient (DQ) dapat membuat pengguna siap berinteraksi di media sosial.

dedy permadi, staf ahli kemenkominfo bidang kebijakan digitalKOMPAS.com/ GITO YUDHA PRATOMO dedy permadi, staf ahli kemenkominfo bidang kebijakan digital

"Kecakapan digital dituntut untuk semakin baik. Dulu orang mengandalkan IQ, sekarang harus punya DQ juga," kata Dedy di sela-sela acara #Jagaprivasimu di kawasan Jakarta Pusat, Selasa (20/8/2019).

Ada beberapa hal yang harus dikuasai dalam memenuhi DQ, yaitu digital safety, digital use, digital identity, dan digital rights.

Baca juga: Studi: Media Sosial Bikin Orang Indonesia Iri dan Frustrasi

Dedy mengatakan keempat hal tersebut juga sangat terkait dengan privasi.

Tentang digital safety, menurut Dedy, pengguna harus sadar terhadap keamanan saat berselancar di dunia maya. Sementara digital use adalah pemahaman pengguna saat menggunakan serangkaian instrumen digital.

Kemudian digital identity menurut Dedy adalah kesadaran pengguna dalam menjaga jejak digital agar tetap bersih. Sedangkan digital rights adalah pemahaman pengguna internet akan hak hak yang dimiliki ketika berada di dunia maya.

"Ada beberapa area penting yang juga dapat memperkuat DQ, yaitu knowledge, skill, value dan attitude di dunia digital," kata Dedy.

Baca juga: Menkominfo Minta Media Sosial Wajibkan Nomor Ponsel untuk Buka Akun

Dedy pun menekankan agar warganet dapat memenuhi hal hal tersebut, agar para pengguna internet di Indonesia dapat menjadi warga negara digital yang baik.

"Ketika memiliki DQ yang bagus, kita sedang mendukung Indonesia untuk lebih bijak dalam berinternet," pungkas Dedy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com