Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar 10 YouTuber Terkaya di Dunia, Ada Orang Indonesia

Kompas.com - 22/08/2019, 12:52 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bukan rahasia lagi bahwa YouTube dapat menjadi ladang subur untuk para kreator video. Mereka bisa mendulang pendapatan berjumlah fantastis dari platform berbagi video itu. Ada yang bisa meraup uang senilai puluhan hingga ratusan miliar per bulan.

Siapa saja yang memperoleh angka terbesar? Firma branding asal Inggris, Purple Moon Promotional Products, baru-baru ini mempublikasikan daftar 10 YouTuber terkaya di dunia.

Menariknya, salah satu dari mereka adalah seorang YouTuber beken asal Indonesia yang pasti sudah tak asing untuk publik Tanah Air.

Baca juga: Studi Ungkap Jenis Video yang Paling Laris Ditonton di YouTube

Purple Moon menyusun daftar berdasarkan perkiraan jumlah pendapatan AdSense YouTuber dari jumlah views per bulan, di luar pendapatan lewat jalur lain seperti bisnis merchandise yang dimilki sebagian kreator.

Berikut ini daftar selengkapnya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Cosmopolitan.com, Kamis (22/8/2019).


1. PewDiePie

YouTuber asal Swedia dengan nama asli Felix Kjellberg ini sering disebut sebagai "raja" YouTube dan memang rutin nangkring di urutan teratas YouTuber terkaya. 

Bagaimana tidak, PewDiePie sudah memiliki hampir 100 juta subscriber. Dengan subscriber sebanyak itu, jumlah views per video juga akan tinggi sehingga turut mendongkrak pendapatan AdSense.

Walhasil, YouTuber pembuat konten gaming dan "meme" ini bisa menghasilkan uang hingga 6,5 poundsterling atau sekitar Rp 112 miliar setiap bulannya.

2. Dude Perfect

Di posisi kedua ada Dude Perfect, channel yang sering mengunggah video-video "lifehack" yang unik.

Baca juga: Bocah YouTuber Berumur 6 Tahun Beli Gedung Senilai Rp 112 Miliar

Kanal yang diprakarsai oleh 5 orang pria ini telah memiliki hampir 45 juta subscriber dengan pendapatan per bulan mencapai 2,8 juta Poundsterling atau setara dengan Rp 48 miliar.

3. VanossGaming

Selanjutnya ada VanossGaming, YouTuber gaming asal Kanada yang memiliki hampir 25 juta subscriber.

YouTuber dengan nama asli Evan Fong ini biasanya memainkan game first-person shooter Call of Duty Online dan bisa meraup hingga 2,1 juta poundsterling atau sekitar Rp 36 miliar setiap bulannya.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com