Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadir Lebih Dulu di Indonesia, Google Go Kini Dirilis Global

Kompas.com - 22/08/2019, 17:32 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah hadir lebih dulu di sejumlah negara berkembang seperti India dan Indonesia, Google Go kini telah dirilis secara global.

Aplikasi ini menyusul deretan aplikasi "ringan" lain besutan Google, seperti YouTube Go, Files Go, Gmail Go, dan Chrome Go yang sudah tersedia secara luas di seluruh dunia. 

Baca juga: Google Go, Aplikasi Pencarian yang Ringan dan Irit Internet

Google Go sendiri merupakan aplikasi mesin pencari yang didesain sedemikian rupa agar ramah untuk ponsel dengan spesifikasi minim (low-end) dan bisa dipakai browsing lewat jaringan 2G atau ketika kokensi internet tidak stabil. 

Dibandingkan aplikasi konvensional, Google Go diklaim lebih hemat data hingga 40 persen. Google Go juga bisa mengingat dan menampilkan kembali hasil penelusuran jika koneksi internet pengguna tiba-tiba terputus.

Ukurannya pun kecil sehingga tak menyita ruang di media internal ponsel. File instalasi Google Go di Play Sore hanya berukuran 7 MB.

Google turut membekali aplikasi ini dengan fitur kecerdasan buatan (AI) yang bisa membacakan isi situs lewat audio kepada pengguna. Dengan demikian, pengguna bisa mengengarkan konten selagi melakukan hal lain seperti berolahraga. 

Baca juga: Android Go Resmi Dirilis untuk Ponsel Berspesifikasi Rendah

Ada pula fitur Discover yang memungkinkan pengguna menjelajah topik apa saja yang sedang heboh atau viral di jagat maya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TechCrunch, Kamis (22/8/2019).

Google Go sendiri kini telah tersedia di Play Store untuk semua pengguna Android versi 5.0 (Lollipop) ke atas. Semua jenis ponsel bisa menggunakannya, mulai dari ponsel murah Android Go hingga kelas flagship sekalipun.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com