Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Android dan iPhone Bekas Bisa Dijadikan CCTV, Begini Caranya

Kompas.com - 26/08/2019, 20:05 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kamera yang terpatri di smartphone Android atau iPhone sejatinya memiliki fungsi utama untuk memotret objek atau merekam berbagai macam momen.

Nah, siapa sangka kamera smartphone juga bisa dialihfungsikan sebagai kamera Closed Circuit Television atau CCTV. Kamera CCTV biasanya digunakan untuk memantau kondisi di dalam atau sekeliling rumah.

Dibandingkan kamera CCTV konvensional, smartphone memiliki satu kelebihan, yaitu dari segi fleksibilitas, di mana ponsel memang bisa diletakkan di seluruh penjuru rumah dengan mudah. 

Lantas, bagaimana cara mengalih-fungsikan sebuah smartphone manjadi sebuah kamera bak CCTV?

Baca juga: Xiaomi Redmi Note 4 Meledak Terekam CCTV

Sebelum menjawab pertanyaan itu, simak dulu sejumlah hal yang harus dipersiapkan sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GadgetsNow, Senin (19/8/2019).

Hal yang harus disiapkan

Pertama, siapkan dua buah smartphone, bisa Android atau iPhone. Kedua ponsel itu nantinya bakal memiliki fungsi berbeda. Sebut saja ponsel A sebagai kamera CCTV dan ponsel B sebagai perangkat untuk memonitor kamera tersebut.

Kedua, siapkan adapter charger atau power bank untuk mengisi daya smartphone. Jika menggunakan charger, pastikan ponsel A diletakkan di dekat sumber listrik.

Ketiga, siapkan akun Google baru atau akun yang tidak terpakai. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi masalah-masalah keamanan atau privasi, yang mungkin bisa saja terjadi ketika Anda menggunakan aplikasi kamera CCTV yang akan digunakan.

Keempat, unduh aplikasi Alfred Home Camera Security di PlayStore untuk ponsel Android, atau AppStore untuk iOS/iPhone. Aplikasi ini harus dipasang di dua ponsel yang sudah disiapkan sebelumnya.

Jika semua sudah disiapkan, mari kita jawab pertanyaan terkait cara mengubah sebuah ponsel menjadi CCTV.

Cara mengubah smartphone Android/iPhone menjadi CCTV

Pertama-tama, buka aplikasi Alfred Home Camera Security di ponsel A dan login (masuk) menggunakan akun Google yang baru atau yang tidak terpakai.

Baca juga: Awas, Kamera CCTV Bisa Dibajak Hacker

Setelah masuk akun Google, pilih ikon "Camera" di halaman "I use this device as a" kemudian klik tombol "Get started!".

Ilustrasi langkah masuk ke aplikasi Alfred Home Security CameraKOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi langkah masuk ke aplikasi Alfred Home Security Camera

Setelah itu, ponsel A akan menampilkan gambar yang dibidik oleh kamera. Anda kemudian bisa meletakkan ponsel A ini di berbagai penjuru rumah yang ingin dipantau.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com