Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone Bakal Punya Fitur Walkie-Talkie?

Kompas.com - 28/08/2019, 10:39 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Ubergizmo

KOMPAS.com - Apple Watch memiliki fitur walkie-talkie yang memungkinkan penggunanya untuk bercakap-cakap sesama pengguna Apple Watch dengan menekan tombol tertentu. Fitur yang hampir mirip kabarnya sempat ingin dibuat Apple untuk iPhone.

Sayangnya, rencana itu harus disetop dan belum berlanjut saat ini. Fitur serupa walkie-talkie ini konon dikembangkan bersama Intel, salah satu pemasok modem untuk iPhone.

Dilansir KompasTekno dari Uber Gizmo, Rabu (28/8/2019), alasan berhentinya pengembangan fitur ini salah satunya disebabkan oleh mundurnya Rubén Caballero yang mengepalai proyek ini.

Rubén Caballero yang bergabung dengan Apple sejak 2005, juga mengepalai proyek modem 5G di Apple. Mundurnya Caballero menyebabkan perubahan struktur divisi modem Appple.

Kendati demikian, peluang fitur walkie-talkie untuk tertanam di iPhone masih ada. Apalagi setelah Apple mengakuisisi bisnis modem smartphone Intel beberapa waktu lalu, dengan nilai 1 miliar dollar AS (Rp 14,2 triliun).

Baca juga: Instagram Rilis Fitur Walkie-Talkie Serupa Voice Note WhatsApp

Akuisisi ini mengangkut 2.200 karyawan Intel ke Apple dan juga pengambil alihan kekayaan intelektual dan perlengkapan dari Intel.

Apple disebut-sebut berambisi ingin mengembangkan modemnya sendiri dengan membuka lowongan pekerja sebagai teknisi chip dan modem di dua pabriknya, yakni Santa Clara dan San Diego.

Apabila setelah akuisisi ini fitur walkie-talkie terwujud, nantinya pengguna iPhone akan bisa saling berkomunikasi tanpa pulsa atau koneksi internet. Kemungkinan, fitur ini akan mengandalkan spektrum radio 900 MHz.

Ini agak berbeda dengan walkie-talkie di Apple Watch yang masih mengandalkan koneksi WiFi atau seluler. Belum ada pernyataan resmi dari Apple apakah fitur ini akan kembali dikembangkan atau tidak.

Kita nantikan saja di iPhone terbaru yang kabarnya akan rilis bulan depan.

Baca juga: Fitur Walkie-Talkie Apple Watch Sudah Bisa Digunakan Lagi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Ubergizmo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com