Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Patenkan 3 Rancangan Ponsel Lipat Galaxy Fold 2

Kompas.com - 30/08/2019, 07:06 WIB
Yudha Pratomo,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Meski ponsel layar lipat Galaxy Fold generasi pertama sampai saat ini masih belum diluncurkan, Samsung tampaknya sudah menyiapkan penerus dari ponsel tersebut.

Hal ini diketahui dari paten desain yang diajukan oleh Samsung ke Kantor Kekayaan Intelektual Uni Eropa (EUIPO), dua minggu lalu. Di dalamnya ada rancangan tiga perangkat yang disinyalir merupakan Galaxy Fold 2.

Ketiga desain ini tampak serupa dari depan saat layar dibentangkan sehingga perangkat memiliki display lebar layaknya tablet. Yang berbeda adalah posisi notch di sisi kiri, tengah, dan kanan.

Baca juga: Samsung Galaxy Fold Dipastikan Meluncur September

Perbedaan lebih kentara terlihat begitu perangkat dilipat. Desain pertama dilipat secara horizontal seperti konsol game Nintendo DS. Di bagian punggung ada layar kedua berbentuk persegi berikut tiga kamera.

Samsung diketahui telah mengajukan paten rancangan ponsel layar lipat Galaxy Fold 2Letsgodigital Samsung diketahui telah mengajukan paten rancangan ponsel layar lipat Galaxy Fold 2
Desain kedua dilipat secara horizontal seperti menutup buku. Di punggung juga terdapat layar kedua, tapi bentuknya lebih memajang karena bagian yang terlipat juga berbenruk persegi panjang. Ada juga tiga buah kamera.

Rancangan ketiga hampir mirip dengan rancangan kedua. Perbedaannya hanya dari letak "poni" di layar utama yang berukuran besar saja, seperti dirangkum KompasTekno dari Letsgodigital, Jumat (30/8/2019)

Tentu, ketiga rancangan Samsung ini baru sebatas pengajuan paten dan bukan merupakan desain akhir. Pengajuan hak patennya bisa dibilang menjadi langkah antisipasi agar desain tersebut tidak ditiru atau diduplikasi oleh vendor lain.

Dengan demikian tidak tertutup kemungkinan Samsung justru menggunakan desain lain yang berbeda dengan paten yang diajukan.

Baca juga: Samsung Siapkan Ponsel Lipat Berikutnya, Galaxy Fold Z?

Beberapa waktu lalu, Samsung juga diketahui telah mengajukan desain ponsel layar lipat lainnya yang disebut-sebut sebagai Galaxy Fold Z.

Dari bocoran yang beredar, Galaxy Fold Z bakal memiliki ukuran layar yang lebih luas, sehingga jumlah lipatannya pun lebih banyak ketimbang Galaxy Fold.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com