Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Update Windows 10 Bikin Cortana Jadi “Rakus”

Kompas.com - 04/09/2019, 07:02 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber WCCF Tech

KOMPAS.com - Pekan lalu, Microsoft menyalurkan update Windows 10 versi KB4512941. Pembaruan bertanggal 30 Agustus yang memperbarui OS Build menjadi 18362.329 ini memperbaiki sejumlah masalah, namun sekaligus membawa masalah baru.

Sejumlah pengguna Windows 10 melaporkan penggunaan sumber daya komputer mengalami peningkatan setelah memasang update itu, khususnya oleh asisten digital Cortana yang mendadak jadi “rakus” daya.

Process SearchUI.exe yang digunakan oleh Cortana bisa memakan sumber daya CPU hingga 40 persen, berikut memori di kisaran 100 MB hingga 200 MB. Dampaknya, kinerja komputer pun bisa berkurang dan baterai cepat habis.

Baca juga: Cara Munculkan Notifikasi Ponsel Android di PC Windows 10

Microsoft belum memberi pengumuman ataupun perbaikan soal sumber daya komputer ini. Untuk sementara, update yang bermasalah bisa dihapus (uninstall).

Namun, apabila ingin mempertahankan pembaruan tersebut, ada upaya perbaikan yang bisa ditempuh dengan mengoprek salah satu entry di registry Windows, tepatnya HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\ Windows\CurrentVersion\Search.

Kemudian, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari WCCF Tech, Rabu (4/9/2019), cari BIngSearchEnabled dan ubah nilainya menjadi “1”.

Baca juga: Cortana dan Alexa Berkumpul di Laptop Windows 10

Masih belum jelas kenapa update kali ini mengubah kelakuan Cortana sehingga menjadi rakus sumber daya.

Masalah tersebut konon sudah pernah dilaporkan oleh para peserta program Windows Insider ke Microsoft, tapi tak ditanggapi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber WCCF Tech


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com