Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tokopedia Care Puri Kembangan Diresmikan

Kompas.com - 05/09/2019, 13:29 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - E-commers lokal Tokopedia meresmikan Tokopedia Care di kawasan Puri Kembangan, Jakarta, Rabu (4/9/2019). Tokopedia Care Tower tersebut telah didirikan sejak tahun 2018 dengan tujuan bisa memberikan layanan pelanggan secara lebih maksimal.

Selain di Jakarta, Tokopedia Care juga terdapat di Semarang dan Yogyakarta. Total, Tokopedia memiliki 2.000 karyawan yang khusus ditugaskan sebagai customer service di Tokopedia Care.

"Tokopedia juga merupakan perusahaan teknologi Indonesia pertama yang mengimplementasikan Digital Customer Service di Tokopedia Care, yaitu layanan pelanggan yang sepenuhnya berbasis digital," jelas VP of Operations Tokopedia, Rudy Azhary Dalimunthe dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Kamis (5/9/2019).

Baca juga: Langganan Spotify Kini Bisa Lewat Tokopedia

Layaknya layanan customer service pada umumnya, tim Tokopedia Care akan memberikan layanan 24 jam selama seminggu untuk pengguna aktif bulanan yang disebut mencapai 90 juta dan tersebar di 97 persen kecamatan di seluruh Indonesia.

Tokopedia Care Puri Kembangan memiliki beberapa fasilitas yang terbuka untuk umum.

Misalnya fasilitas Service Experience Center, di mana konsumen bisa berkonsultasi langsung terkait kendala produk dan layanan Tokopedia secara walk-in.

Tokopedia juga memiliki Customer Engagement Hub, sistem pusat kendali operasi untuk membantu kinerja Digital Customer Service secara real-time. 

Baca juga: Tokopedia Umumkan Mendapat Suntikan Dana Rp 16 Triliun

Sistem tersebut akan menerima masukan dari pelanggan melalui media sosial maupun kanal lain. Dengan Customer Engagement Hub, layanan Tokopedia Care diklaim bisa mempercepat dan mempermudah layanan customer service ke pelanggan.

Selain itu, Tokopedia juga memanfaatkan chatbot berbasis kecerdasan buatan (AI) yang secara otomatis bisa menjawab pertanyaan yang diajukan pelanggan.

Jika masih belum puas, Tokopedia masih membuka saluran lain untuk mengajukan keluhan, yakni melalui e-mail, media sosial seperti Twitter dan Facebook.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com