Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

419 Juta Nomor Ponsel Pengguna Facebook Bocor

Kompas.com - 06/09/2019, 07:05 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berhati-hatilah jika Anda menaruh nomor ponsel milik Anda di Facebook. Pasalnya, ada sebanyak 419 juta nomor ponsel pengguna Facebook yang bocor di internet.

Keseluruh nomor ponsel tersebut disertai dengan sejumlah data geografis mengenai lokasi di mana nomor itu berada.

Di dalamnya diketahui ada sekitar 133 nomor ponsel pengguna Facebook dari Amerika Serikat, 18 juta nomor dari pengguna dari Britania Raya (United Kingdom) serta 50 juta berasal dari Vietnam. Sementara sisanya, berasal dari berbagai negara di dunia.

Nomor-nomor tersebut ditemukan dalam sebuah server yang tidak dilindungi dengan password. Sehingga, siapa pun bisa mengakses database nomor ponsel itu, beserta lokasi pengguna secara leluasa.

Baca juga: Cara Mematikan Pengenal Wajah di Facebook untuk Menjaga Privasi

Setiap nomor yang bocor ini juga dilengkapi dengan nama ID Facebook si pemilik.

ID Facebook sendiri merupakan serangkaian nomor panjang yang unik dan dapat dilihat oleh publik untuk membedakan akun mereka dengan pengguna akun lainnya.

Dikutip KompasTekno dari Tech Crunch, Jumat (6/9/2019), setelah dilakukan verifikasi, terbukti ada sejumlah nomor yang cocok dengan ID Facebook milik pengguna. Bahkan sebagian nomor yang bocor juga memiliki nama pengguna, jenis kelamin dan lokasi.

Database ini pertama kali ditemukan oleh Sanyam Jain, seorang peneliti dari GDI Foundation. Ia mengatakan dirinya juga menemukan beberapa nomor ponsel milik sejumlah selebriti.

Juru bicara Facebook, Jay Nancarrow mengatakan bahwa kumpulan nomor ponsel tersebut merupakan data-data lawas sebelum Facebook kemudian mengubah kebijakan terkait nomor ponsel pengguna pada tahun lalu.

Baca juga: Jumlah Like di Facebook Bakal Tak Bisa Dilihat?

"Kumpulan data tersebut telah dihapus dan kami belum melihat bukti bahwa ada akun Facebook yang terancam," kata Jay.

Ini bukan pertama kalinya ada informasi pribadi dari para pengguna Facebook yang terpapar dan bocor kepada publik. Sebelumnya, Facebook tersandung kasus skandal Cambridge Analytica di mana informasi pribadi milik jutaan akun bocor ke pihak ketiga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com