Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laptop Acer Swift 3 dan 5 Diperbarui, Lebih Bertenaga Tapi Tetap Tipis

Kompas.com - 07/09/2019, 08:29 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Tech Radar

KOMPAS.com - Produsen laptop asal Taiwan, Acer, memanfaatkan momen pameran perangkat elektronik tahunan IFA 2019 di Berlin, Jerman, untuk mengumumkan pembaruan dua laptop tipis besutannya Acer Swift 3 dan Acer Swift 5.

Kedua laptop ringkas ini kini dibekali dengan spesifikasi hardware yang ditingkatkan, mulai dari prosesor hingga kartu grafis.

Acer Swift 5

Acer Swift 5 dikenal sebagai laptop ramping yang bobotnya tidak lebih dari 1 kg. Meski ringan, display laptop ini mengusung panel IPS dengan ukuran 14 inci dengan bezel layar yang tipis.

Dari segi hardware, Acer Swift 5 kini ditenagai dengan varian prosesor "Ice Lake" generasi terbaru dari Intel, dengan varian tertinggi Intel Core i7-1065G7. Prosesor ini dipadankan dengan media penyimpanan SSD hingga 512 GB dan RAM LPDDR4X 16 GB.

Baca juga: Laptop Tipis Acer Swift 5 dan Swift 3 2019 Dijual Mulai Rp 8 Jutaan

Acer Swift 5 juga dibekali dengan kartu grafis discrete (GPU) Nvidia GeForce MX250, sebuah peningkatan dari kartu grafis bawaan Intel Graphics UHD 620 pada versi sebelumnya. Ada pula varian kartu grafis Intel Iris Pro tanpa hadirnya Nvidia GeForce MX250.

Acer Swift 5 juga mendukung generasi konektivitas wireless terkini, yaitu Wi-Fi 6, dan dibekali dengan port modern Thunderbolt 3. Baterainya diklaim kuat hingga 12,5 jam.

Acer Swift 5 bakal tersedia bulan September ini di pasar Eropa, Timur Tengah, dan Afrika (EMEA) dan pasar AS pada bulan November mendatang. Harga termurahnya dipatok di angka 899 dollar AS (Rp 12,6 juta).

Acer Swift 3

"Adik" dari Acer Swift 5, yaitu Acer Swift 3, juga tak ketinggalan mendapatkan pembaruan. Laptop berukuran 14 inci dengan panel IPS itu kini ditenagai dengan prosesor Intel generasi ke-10 Ice Lake dengan varian tertinggi Intel Core i7-1065G7.

Ilustrasi laptop Acer Swift 3Acer Ilustrasi laptop Acer Swift 3

Laptop yang memiliki bobot 1,19 kg ini juga dibekali dengan opsi kartu grafis yang serupa dengan Acer Swift 5.

Kesamaan tersebut juga muncul di konfigurasi RAM dan SSD yang diusung oleh laptop Acer Swift 3, di mana laptop tersebut juga mendukung RAM hingga 16 GB dan media penyimpanan SSD hingga 512 GB.

Baca juga: Laptop Tertipis dan Teringan Acer Swift 7 Resmi Masuk Indonesia

Fitur lainnya, seperti teknologi wireless dan port Thunderbolt 3, juga hadir di Acer Swift 3 dengan ketahanan baterai yang identik pula dengan Acer Swift 5.

Sebagaimana dirangkum oleh KompasTekno dari TechRadar, Sabtu (6/9/2019), ketersediaan Acer Swift 3 mengikuti jadwal peluncuran "kakaknya" dan dipatok dengan harga termurah 699 dollar AS (Rp 9,8 juta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Tech Radar


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com