Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony Xperia 5, Ponsel Berbodi Jangkung dengan Tiga Kamera Belakang

Kompas.com - 07/09/2019, 10:57 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Setelah didahului oleh rumor, Sony akhirnya meluncurkan perangkat terbarunya di ajang IFA 2019 di Berlin, Jerman. Alih-alih Xperia 2 yang menjadi calon penerus nama dari Xperia 1, nama ponsel teranyar Sony ini adalah Xperia 5.

Seperti kabar yang sudah beredar, ponsel Xperia 5 ini mengusung desain yang "jangkung"  dengan rasio layar 21:9, serupa dengan Xperia 1.

Dengan desain jangkung nan ramping seperti ini, Sony mengklaim Xperia 5 masih bisa digenggam penuh dengan satu tangan.

Baca juga: Sony Gabungkan Bisnis Ponsel Xperia dengan TV, Kamera, dan Audio

Layar ramping tadi menggunakan panel berjenis OLED dan memiliki diagonal 6,1 inci dengan resolusi 2.560 x 1.080 piksel. Layar ini juga bisa menampilkan konten HDR, serta bisa mengubah konten SDR menjadi HDR.

Xperia 5 mengandalkan satu kamera swafoto 8 megapiksel dan tiga kamera belakang untuk kegiatan menjepret momen. Seluruh tiga kamera yang terletak di punggung ponsel ini resolusinya sama, yaitu 12 megapiksel.

Kendati begitu, ketiganya menawarkan fitur yang berbeda. Kamera pertama dibekali dengan lensa berjenis wide dengan bukaan lensa f/1.6.

Lalu, kamera kedua merupakan lensa telephoto dengan bukaan lensa f/2.4 yang punya fitur 2x optical zoom. Sementara kamera ketiga merupakan kamera ultrawide dengan bukaan lensa f/2.4.

Fitur lainnya mencakup chip Snapdragon 855 beserta RAM 6 GB dan media penyimpanan 128 GB. Kapasitas media penyimpanan ini bisa diperluas dengan micro SD hingga 1 TB.

Baca juga: Alasan Sony Memindahkan Pabrik Ponsel Xperia dari China ke Thailand

Sony Xperia 5 ditopang dengan baterai sebesar 3.140 mAh dengan teknologi fast charging 18W dan menjalankan sistem operasi Android 9.0 Pie.

Karena sama-sama bikinan Sony, Xperia 5 juga mendukung joystick PlayStation 4 (PS4) yang sudah dibekali dengan teknologi Dualshock 4, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Sabtu (7/9/2019).

Sayangnya, belum diketahui berapa harga ponsel ini. Namun, Xperia 5 rencananya bakal bisa dipesan di Eropa mulai minggu depan.

Sementara, penjualan offline diperkirakan bakal dimulai pada bulan Oktober. Belum diketahui  apakah Sony Xperia 5 akan diluncurkan juga di luar kawasan Eropa atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com