Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kirim Pesan di Telegram Bisa Dijadwal, Begini Caranya

Kompas.com - 08/09/2019, 08:23 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aplikasi layanan pesan instan Telegram mungkin masih kalah beken dari WhatsApp di Indonesia. Namun bukan berarti fitur yang dimiliki tidak secanggih WhatsApp, bisa jadi justru sebaliknya.

Fitur baru Telegram misalnya, kini memungkinkan pengguna menjadwalkan pesan yang ingin dikirim pada waktu tertentu. Fitur ini berguna untuk mencegah pesan-pesan penting lupa terkirim.

Misalnya saja, Anda ingin menjadi pengirim pesan ulang tahun pertama untuk seseorang tepat pada pergantian tanggal.

Ketimbang terjaga hingga dini hari, pengguna bisa mengatur pesan ucapan tersebut sesuai tanggal dan waktu yang dikehendaki menggunakan fitur ini. Nantinya, pesan tersebut akan terkirim secara otomatis.

Baca juga: Telegram Bisa Tambah Teman di Lokasi yang Sama, Tanpa Nomor Ponsel

Untuk menjadwalkan pesan di Telegram pun caranya mudah. Setelah mengetik pesan di ruang obrolan, tahan tombol kirim hingga muncul pop-up "schedule messege".

Kemudian atur waktu yang dikehendaki, lalu tekan bar bewarna biru di bagian bawah dan pesan akan otomatis terjadwalkan.

Fitur penjadwalan pesan di TelegramTelegram Fitur penjadwalan pesan di Telegram

Untuk mengecek kembali isi pesan, ketuk ikon di sisi bawah ruang obrolan, tepatnya di sebelah kiri ikon lampiran. Nantinya akan muncul pesan-pesan yang dijadwalkan tadi.

Tidak hanya kepada orang lain, fitur ini juga bisa difungsikan untuk "Saved Message" atau pesan yang disimpan untuk diri sendiri. Pesan yang dijadwalkan untuk dikirim ke Save Message nanti akan berubah menjadi pengingat.

Baca juga: Telegram Bisa Kirim Pesan Senyap Tanpa Notifikasi

Caranya, klik ikon menu di sisi kiri atas, pilih "Saved Messages". Lantas, tulis pesan dan atur waktu untuk memunculkan pesan pengingat tersebut. Nantinya, pesan itu akan muncul di layar ponsel sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

Pesan yang dijadwalkan untuk Save Messages akan berubah menjadi pengingat.Telegram Pesan yang dijadwalkan untuk Save Messages akan berubah menjadi pengingat.

Sebagai penanda, pesan yang dijadwalkan akan dilengkapi dengan ikon kalender di sudut kanan atas, seperti dikutip KompasTekno dari Uber Gizmo, Minggu (8/9/2019). Selain itu, Telegram juga memungkinkan pengguna mengatur tema tampilan ruang obrolan.

Nantinya akan ada beberapa opsi tema yang tersedia dan setelah dipilih, perubahan tema akan terjadi di lintas platform, baik mobile maupun desktop.

Dalam pembaruan terbarunya, Telegram juga memperbarui UI dan keamanan privasi. Semua fitur ini sudah bisa dicoba di aplikasi Telegram di iOS maupun Android.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com