Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Siapkan Perbaikan untuk Update Windows 10 yang Bermasalah

Kompas.com - 11/09/2019, 08:10 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah update opsional yang dirilis pada akhir Agustus lalu malah membuat Windows 10 bermasalah. Software asisten digital Cortana mendadak jadi "rakus" dan menyita banyak sumber daya CPU lewat process SearchUI.exe.
 
Setelah sempat dibanjiri keluhan oleh pengguna, Microsoft kini telah mengakui adanya masalah pada pembauran bernomor versi KB4512941 dan berjanji bakal menyalurkan perbaikan.

Baca juga: Update Windows 10 Bikin Cortana Jadi “Rakus”

"Saat ini kami sedang menyelidiki masalah di mana pengguna melaporkan penggunaan CPU tinggi yang ada kaitannya dengan "SearchUI.exe" setelah memasang pembaruan opsional pada 30 Agustus (KB4512941)," kicau akun Twitter @WindowsUpdate.

Perbaikan dimaksud, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Metro.co.uk, Rabu (11/9/2019), diperkirakan akan rilis sekitar pertengahan bulan September ini, tapi waktu persisnya belum diketahui.

Process "SearchUI.exe" yang digunakan oleh Cortana kabarnya bisa memakan sumber daya CPU hingga 40 persen hingga 90 persen, berikut memori di kisaran 100 MB hingga 200 MB. Dampaknya, kinerja komputer pun bisa berkurang dan baterai cepat habis.

Sebagai solusi sementara, pengguna bisa mencoba mengganti nama folder yang menampung program "SearchUI.exe".

Baca juga: Akhirnya, Windows 10 Kuasai Pasaran SIstem Operasi PC

Caranya, buka Task Manager dengan menekan tombol Ctrl + Alt + Del pada keyboard secara bersamaan. Setelah itu, pilih tab "Details", klik kanan process "SearchUI.exe" dan pilih menu "Open file location".

Namun, sebelum mengganti nama folder, matikan dulu proses "SearchUI.exe" yang ada di tab "Details" tadi dengan mengklik tombol "End task".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com