Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saingi Netflix, Apple TV Plus Tawarkan Harga Langganan Lebih Murah

Kompas.com - 11/09/2019, 15:41 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah sempat diperkenalkan pada bulan Maret lalu, Apple akhirnya menguak harga berlangganan layanan streaming video on-demand besutannya, yakni Apple TV Plus.

Saat dijadwalkan hadir November mendatang, peminat Apple TV Plus cukup membayar 4,99 dollar AS atau sekitar Rp 70.000 per bulan untuk belangganan. Uniknya, satu akun langganan bisa dipakai oleh 6 orang lantaran harga tersebut merupakan banderol Family Plan.

Baca juga: Seperti Android, Kamera iPhone 11 dan 11 Pro Kini Punya Night Mode

Harga yang terbilang murah meriah ini keruan saja memicu perbandingan Apple TV dengan layanan-layanan kompetitornya, seperti Netflix, Hulu, dan Disney.

Sebagai pembanding, Netflix mematok harga Rp 109.000 per bulan untuk biaya berlangganan Basic Plan yang hanya bisa dipakai oleh satu orang saja (personal).

Belum diketahui konten apa saja yang bakal disuguhkan oleh Apple di dalam layanan Apple TV Plus. Namun, pihak Apple sesumbar bakal menyuguhkan beberapa konten original (Apple Originals) besutan mereka.

Beberapa di antaranya adalah original TV series dengan tema luar angkasa, For All Mankind, dan serial dokumenter penyair kondang Emily Dickinson berjudul Dickinson.

Ada pula drama serial yang dibintangi Jennifer Anniston, The Morning Show, dan serial petualangan yang dibintangi oleh Jason Momoa dengan judul See.

Baca juga: Ini Harga dan Spesifikasi iPhone 11, iPhone 11 Pro, Serta iPhone 11 Pro Max

"Kami akan merilis Apple Originals setiap bulannya," kata CEO Apple, Tim Cook, saat memperkenalkan layanan streaming Apple TV Plus dalam acara di, AS, Selasa (10/9/2019) pagi waktu setempat yang disiarkan langsung lewat YouTube.

Rencananya Apple TV Plus akan meluncur pada 1 November mendatang di 100 negara. Ada aplikasi Apple TV Olys yang bisa diunduh dari App Store.

Uniknya, pengguna yang membeli iPhone, iPad, atau Apple TV terbaru bakal mendapatkan benefit berupa berlangganan Apple TV Plus selama setahun penuh secara gratis.

Apple Arcade

Ilustrasi Tim Cook memperkenalkan Apple ArcadeYouTube/Apple Ilustrasi Tim Cook memperkenalkan Apple Arcade

Selain Apple TV Plus, Apple juga memperkenalkan layanan gaming berbayar bernama Apple Arcade yang menawarkan lebih dari 100 game eksklusif dengan membayar satu harga langganan, yakni 4,99 dollar AS per bulan, sama dengan Apple TV Plus.

Game eksklusif dimaksud antara lain  Frogger besutan Konami, game petualangan bawah air Shinsekai: Into the Depths bikinan Capcom, hingga gamepetualangan dengan nuansa musik, Sayonara Wild Hearts.

Baca juga: Apple Watch Series 5 Hadir dengan Layar Always-On

Setiap bulannya, Apple menjanjikan tambahan game baru untuk para pelanggan  Apple Arcade

Aplikasi yang menghadirkan layanan Apple Arcade bakal hadir di App Store di 150 negara pada 19 September mendatang.

Apple menawarkan 1 bulan gratis (free trial) untuk para pengguna yang ingin menjajal layanan gaming dari Apple ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com