Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gmail di Android Mulai Kebagian Mode Gelap, Seperti Ini Tampilannya

Kompas.com - 12/09/2019, 18:02 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Google sudah menambahkan dark mode ke sejumlah aplikasinya. Pekan ini giliran Gmail di Android yang kebagian fitur tampulan serba gelap itu.

Dark mode Gmail telah mulai disalurkan, tapi ada syarat yang mesti dipenuhi untuk bisa menggunakannya, yakni perangkat mesti menjalankan OS Android 10 terbaru. Sementara, Distribusi update Android versi anyar tersebut sekarang masih terbatas.

Baca juga: Aplikasi Office di Android dan iOS Dapat Mode Gelap

Beberapa pengguna di forum online Reddit melaporkan, mode gelap Gmail telah aktif di Android versi 2019.08.18.267044774.

Tampak dari beberapa tangakapan layar yang beredar, warna abu-abu gelap menjadi latar belakang utama dengan tulisan warna putih dan biru muda.

Mode gelap Gmail di Andorid 10XDA Developers Mode gelap Gmail di Andorid 10

Ada tiga opsi tema Gmail yang bisa dipilih secara manual yakni "light" seperti tema saat ini, "dark" atau mdoe gelap, dan "system default" yang akan mengikuti mode gelap sistem Android, seperti dihimpun KompasTekno dari XDA Developers, Kamis (12/9/2019).

Baca juga: Cara Mengaktifkan Mode Gelap di Aplikasi-aplikasi Google

Mode gelap belum digulirkan di Gmauk secara menyeluruh. Pengguna harus menunggu pembaruan Android 10 yang diterima perangkatnya. Sejauh ini, hanya ponsel besutan Google saja yang sudah mendapatkan Android 10.

Beberapa di antaranya adalah Google Pixel 3 dan Pixel 3 XL, Pixel 3a dan Pixel 3a XL, serta Pixel 2 dan Pixel 2 XL. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com