Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Photos Dapat Fitur Baru Mirip Instagram Stories

Kompas.com - 16/09/2019, 07:21 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber CNET

KOMPAS.com - Google menambahkan fitur baru di Google Photos bernama "Memories". Sesuai dengan namanya, fitur ini akan memudahkan pengguna menemukan foto kenangan yang diambil di hari yang sama setahun, dua tahun, tiga tahun, atau tahun-tahun sebelumnya.

Kurang lebih cara kerjanya mirip dengan fitur "Kenangan" di Instagram atau Snapchat. Tampilannya pun serupa dengan Instagram Stories di mana foto masa lalu muncul di atas layar dengan bingkai lingkaran.

Google menggunakan machine learning untuk memilah foto kenangan. Untuk melihat foto berikutnya geser kenan seperti saat hendak melihat Insatgram story teman.

Menggeser ke arah kiri akan mengarahkan ke foto sebelumnya. Apabila ingin melihat semua foto di hari tersebut, klik titik tiga di pojok kanan atas.Fitur ini akan bergulir mulai hari ini di Android dan iOS. Kemungkinan, penyebarannya akan bertahap.

Baca juga: Google Photos Bisa Mencari Tulisan yang Ada dalam Foto

Dilansir KompasTekno dari Cnet, Jumat (13/9/2019), foto kenangan ini hanya akan bisa dilihat oleh pengguna saja. Mereka bisa me,bagikannya di media sosial atau mencetaknya.

Dalam beberapa bulan ke depan Google kabarnya akan membuat Photos menjadi aplikasi pesan instan. Sehingga, foto kenangan ini akan bisa dibagikan ke kerabat dekat dan membuahkan percakapan yang intens.

Jika benar demikian, agaknya Google masih belum menyerah untuk membuat aplikasi chatting. Sebelumnya, aplikasi pesan instan Google seperti Allo, Google Chat, dan Hangsout telah tutup usia karena sepi peminat.

Bisnis Cetak Foto 

Inilah fitur yang menjadi pembeda anatra Google Photos dan media sosial lain saat ini termasuk Instagram dan Snapchat. Google menambahkan fitur khusus untuk memudahkan pengguna mencetak foto kenangan atau foto apapun yang tersimpan di Google Photos.

Pengguna bisa langsung memesan ukuran foto yang ingin dicetak langsung melalui aplikasi.

Ada tiga opsi cetak foto yang tersedia yakni 8x8 inci dengan harga yang dipatok Google 19,99 dollar AS (Rp 280.000-an), 11 x 14 inci seharga 29,99 dollar AS (Rp 418.000-an), dan 16 x 20 inci seharga 44,99 dollar AS (Rp 630.000-an).

Baca juga: Backup Foto ke Google Photos Kini Lebih Cepat dengan Fitur Express

Google bekerja sama dengan CVS Pharmacy dan Walmart di Amerika Serikat untuk menyediakan jasa cetak foto ini. Jadi pengguna yang telah memesan foto untuk dicetak bisa langsung mengambilnya di sana.

google bekerja sama dengan Walmart di AS untuk membuka jasa cetak foto langsung dari aplikasi Google Photos.The Verge google bekerja sama dengan Walmart di AS untuk membuka jasa cetak foto langsung dari aplikasi Google Photos.

Untuk mencetak foto via aplikasi, pilih foto yang ingin dicetak, kemudian klik ikon titik tiga di pojok kanan atas, lantas pilih "order photo".

Menurut aplikasi Google Photos, proses cetak ini akan memakan waktu 7 hingga 10 hari untuk pesanan reguler, dan apabila ingin dipercepat ada biaya tambahan yang akan dikenakan.

Pnegguna juga bisa langsung datang ke Walmart atau CVS Pharmacy, namun ukuran yang tersedia hanyalah 4 x 6 inci saja.  Keuntungannya, dengan datang langsung proses cetak jauh lebih cepat karena bisa dibawa pulang di hari yang sama.

Baca juga: Google Photos Hentikan Penyimpanan Tak Terbatas untuk Video Tertentu

Pengguna yang memesan cetak foto via aplikasi akan menerima e-mail untuk mengambil foto apabila hasilnya siap diambil. Harga cetak foto di Walmart dan CVS Pharmacy pun bisa naik karena pajak. Walmart akan menarik 25 persen lagi dan CVS Pharmacy 33 persen.

Mereka pun menggunakan jenis printer dan kertas yang berbeda. CVS menggunakan kerta Kodak Moment yang lebih glossy dan memiliki saturasi warna foto lebih tinggi. Sementara Walmart menggunakan kertas Fujifilm yang berkilau di dalam warna matte.

Jasa cetak foto ini akan dimulai pada 30 September mendatang. Belum diketahui apakah fitur cetak foto ini akan berlaku di luar AS atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com