Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Boyong Tim E-sport "DeToNator" ke TGS 2019

Kompas.com - 16/09/2019, 08:43 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

TOKYO, KOMPAS.com - Samsung mengadakan sesi meet and greet dengan tim e-sports DeToNator di gelaran Tokyo Game Show 2019 (TGS 2019) di Makuhari Messe International Exhibition Hall, prefektur Chiba, Jepang.

Ajang jumpa fans ini diselenggarakan di Public Day TGS 2019 yang berlangsung pada 14-15 September. Pada September 2019 ini, DeToNator sekaligus merayakan hari jadinya yang ke-10 sejak pertama kali berdiri pada 2009 lalu

Berdasarkan pantauan jurnalis KompasTekno Reska Koko Nistanto di lokasi di booth Samsung SSD, selain berdiskusi seputar industri gaming, DeToNator juga mengadakan mini-game serta sesi tanda tangan dengan para pengunjung.

Kunjungan ke Tokyo Game Show 2019 ini merupakan bagian dari program TechTrip Kompas.com x Galaxy Note 10.

Baca juga: Rilis 2020, Game Dragon Ball Z: Kakarot Sudah Bisa Dicoba di TGS 2019

Di TGS 2019, tim DeToNator yang terdiri atas SPYGEA, StylishNoob, YamatoN, dan SHAKA, berbagi pengalaman dengan pengunjung, seputar pengalaman mereka berkompetisi di berbagai negara, seperti di Taiwan, Filipina, Korea Selatan, dan Thailand.

Selain berkompetisi dan mendapatkan sponsor, DeToNator juga mengungkap bahwa mereka mendapat pemasukan dari bisnis iklan, berjualan apparel dan merchandise, dan live streaming yang secara total memiliki 50 juta penonton per tahun, serta tampil di berbagai event.

DeToNator juga mengklaim turut andil dalam mengembangan edukasi industri gaming dan eSports di Jepang, dan melakukan edukasi tentang bagaimana menjadi gamer profesional.

Sejumlah prestasi yang dicapai oleh DeToNator antara lain adalah LST 2019 Summer Playoffs, LoL Dell Gaming Championship 2019. Sepanjang 2019 ini, total hadiah yang telah dikumpulkan diklaim mencapai 7.000 dollar AS.

Baca juga: Deretan Trailer Game yang Ditunggu-tunggu Penggemar di Tokyo Game Show 2019

DeToNator sendiri adalah tim yang dirintis oleh organisasi e-sports profesional Jepang pada 2009 lalu. Tim ini memiliki sejumlah divisi di luar Jepang yang difokuskan untuk berkompetisi di sejumlah game yang berbeda.

Adapun daftar game yang kompetisinya diikuti oleh DeToNator mencakup PUBG, Dota 2, Alliance of Valiant Arms (AVA), Overwatch, dan hingga game fighting ARMS, yang masing-masing diwakili oleh ti berbeda.

DeToNator juga pernah berkompetisi di game League of Legends (LoL), Counter Strike: Global Offensive (CS:GO), hingga Heart of Stone (HoS). Namun, kini ketiga game tersebut kini tidak dilirik lagi.  

Simak video perjalanan KompasTekno bersama Galaxy Note 10 ke Tokyo Game Show 2019 untuk menjajal game-game terbaru, https://www.youtube.com/watch?v=wl-Km8EmbY4

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com