Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Baru iPhone 11 Hadir di iPhone XR, XS, dan XS Max

Kompas.com - 18/09/2019, 07:08 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Gizmodo

KOMPAS.com - Apple baru saja meluncurkan iPhone 11 pekan lalu. Banyak peningkatan yang dibawa Apple dari seri sebelumnya, termasuk di sektor kamera.

Ada satu fitur kamera baru yang disematkan, yakni multi-camera recording alias perekaman multi kamera.

Sesuai namanya, pengguna akan bisa melakukan perekaman video dengan kamera depan dan kamera belakang yang terdiri dari beberapa mode, yakni wide, ultra wide, dan tele.

Kabarnya, fitur ini akan hadir di seri iPhone 2018, yakni iPhone XS, XS Max, dan XR bersamaan dengan pembaruan iOS 13 yang rencananya akan bergulir 19 September. Bahkan, iPad Pro 2018 juga akan mendapatkan fitur ini.

Hanya saja kemampuannya di trio iPhone 2018 akan terbatas dengan hanya menggunakan dua jenis kamera secara bersamaan. Misalnya, antara kamera tele dan wide di belakang, atau tele dan kamera selfie, atau kombinasi lainnya.

Baca juga: Fitur-fitur iPhone 11 yang Dicomot dari Android

Meski datang bersamaan dengan iOS 13, tapi fitur ini bukan bawaan dari aplikasi kamera standar iOS, melainkan dengan dukungan aplikasi pihak ketiga, yakni Filmic Pro.

Apple telah mewanti-wanti pengembang bahwa apa yang akan mereka tanamkan di fitur ini, seperti menambahkan filter atau augmented reality (AR), akan bergantung pada prosesor.

Sebab fitur ini membutuhkan hardware yang lebih mumpuni. Apple juga membatasi video yang direkam hanya yang bresolusi rendah, bukan 4K.

Baca juga: iPhone XS Menghilang Setelah iPhone 11 Datang, iPhone XR Malah Turun Harga

Dirangkum KompasTekno dari Gizmodo, Rabu (18/9/2019), belum diketahui berapa banyak jenis kamera yang bisa digunakan untuk bisa merekam secara bersamaan dengan fitur ini di iPhone 11.

Namun melihat pembatasan yang dilakukan untuk iPhone XR, XS, dan XS Max dengan mengombinasikan dua jenis kamera saja, kemungkinan iPhone 11 bisa memgombinasikan tiga jenis kamera secara bersamaan dengan perekaman beresolusi tinggi.

Sebab, secara hardware, iPhone 11 tetap lebih tinggi ketimbang iPhone 2018.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmodo


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com