Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Status Bisa Dibagikan ke Facebook Story, Begini Caranya

Kompas.com - 19/09/2019, 09:04 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mark Zuckerberg benar-benar berambisi menggabungkan ketiga aplikasi media sosial Facebook, Instagram, dan WhatsApp. Perlahan tapi pasti, integrasi itu mulai terwujud dengan fitur membagikan postingan lintas platform.

WhatsApp salah satunya. Kini, WhatsApp Status bisa dibagikan langsung ke Facebook Story.
Sejatinya Facebook telah menguji coba fitur ini pada Juni lalu bagi para pengguna WhatsApp beta, sebelum resmi merilisnya sekarang.

Cara membagikan WhatsApp Status ke Facebook Story pun mudah. Buka status yang ingin dibagi, lalu ketuk menu titik tiga yang ada di sebelah kanan status. Kemudian pilih opsi "Share to Facebook".

Baca juga: Kirim Pesan WhatsApp dan Video Call dengan Perintah Suara, Begini Caranya

Nantinya akan muncul foto profil lengkap dengan pengaturan privasi konten yang digunakan, untuk mengatur siapa yang bisa melihat story tersebut, apakah publik atau hanya akun yang sudah berteman saja.

Kemudian pilih "share now", maka WhatsApp Status akan langsung dibagikan ke Facebook Story. Sama halnya dengan WhatsApp Status, Facebook Story juga hanya akan bertahan 24 jam.

Cara membagikan WhatsApp Status ke Facebook Story.Indian Express Cara membagikan WhatsApp Status ke Facebook Story.

Meski seakan terkoneksi, namun kedua platform ini tidak saling berhubungan secara simultan.
Artinya, apabila WhatsApp Status orisinil dihapus, konten yang sama tetap akan muncul di Facebook Story setelah dibagikan, sebagaimana KompasTekno himpun dari Indian Express, Kamis (19/9/2019).

Baca juga: Tips Mudah Menjaga Keamanan Akun Facebook, Instagram, dan WhatsApp

Sayangnya, khusus untuk WhatsApp Status yang berupa tautan, tidak akan bisa langsung diklik di Facebook Story. Di Facebook Story, tampilannya akan lebih mirip dengan tangkapan layar (screen shot)  berupa gambar dengan teks berisi alamat tautan di dalamnya.

Perbedaan tampilan WhatsApp Status dan Facebook StoryIndian Express Perbedaan tampilan WhatsApp Status dan Facebook Story

Meski disebutkan bahwa fitur ini mulai digulirkan sekarang, beberapa pengguna mengaku belum mendapatkannya, meski telah melakukan update. WA Beta Info yang kerap membocorkan fitur-fitur baru WhatsApp mengatakan, fitur ini akan bergulir secara bertahap.


Fitur berbagi antar-platform ini sejatinya telah ada sebelumnya di Instagram, di mana pengguna bisa membagikan Instagram Stories ke Facebook Stories secara otomatis. Integrasi tiga platform memang mungkin dilakukan.

Hanya saja untuk WhatsApp, Facebook harus memikirkan fitur enkripsi end-to-end yang menjadi ciri khas WhatsApp dan tidak dimiliki Instagram maupun Facebook.

Fitur ini mencegah WhatsApp atau platform eksternal lain untuk mengintip percakapan secara diam-diam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com