Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta di Balik Gemarnya Orang Indonesia Pesan Makanan via Online

Kompas.com - 19/09/2019, 15:32 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lembaga riset Nielsen memaparkan riset terbarunya di Indonesia bersama dengan bisnis pesan-antar makanan Gojek, GoFood, dalam sebuah acara yang digelar di Jakarta, Kamis (19/9/2019).

Riset yang baru dirilis ini menelusuri pasar pesan-antar makanan di Tanah Air, begitu juga dengan tren dan perilaku konsumennya.

Adapun jumlah responden yang terlibat di dalam penelitian ini mencapai 1.000 orang yang berasal dari kota-kota besar di Indonesia.

"Penelitian kami terkait perilaku pengguna layanan pesan-antar makanan di Indonesia, industri ini mempunyai potensi pertumbuhan yang besar," ujar Executive Director of Consumer Insight, Nielsen Singapura, Garick Kea, kepada KompasTekno, Kamis (19/9/2019).

Baca juga: Go-Food Kini Bisa Pesan Makanan dari Kota Lain

"Kenyamanan konsumen merupakan faktor utama yang menggerakkan pertumbuhan bisnis ini," imbuhnya.

Dalam riset itu, disebutkan 58 persen dari total responden ternyata memanfaatkan layanan pesan-antar makanan secara online (berbasis aplikasi, seperti GoFood atau GrabFood) dalam tiga bulan terakhir.

Mereka yang memanfaatkan layanan ini sendiri mengaku memesan makanan secara online melalui aplikasi setidaknya 2,6 kali dalam satu minggu.

Lantas, apa alasan mereka gemar memesan makanan dan minuman melalui aplikasi semacam GoFood dan sejenisnya?

Alasan konsumen memesan makanan secara online

Alasan masyarakat memesan makanan secara online di platfom pesan-antar makaannKOMPAS.com/Bill Clinten Alasan masyarakat memesan makanan secara online di platfom pesan-antar makaann

Pertama, karena masalah waktu. Sebanyak 39 persen dari total responden mengaku memesan makanan secara online lebih praktis lantaran mereka sejatinya tak perlu antre di tempat makan atau restoran.

"Masyarakat mau praktis, mereka sudah disibukkan dengan kegiatan dan aktivitas, belum lagi macet," kata Garick.

Lalu, masih berhubungan dengan waktu, sebanyak 37 persen responden juga mengaku memesan makanan secara online menghemat waktu lantaran mereka sejatinya tidak perlu keluar rumah untuk sekadar membeli makanan.

Baca juga: Bertemu Jokowi, Grab Investasi Rp 28 Triliun di Indonesia

Kemudian, 33 persen juga mengaku bahwa aneka promosi yang ditawarkan berbagai platform pesan-antar makanan menjadi alasan utama mereka memesan makanan secara online.

Nielsen sendiri menempatkan GoFood sebagai platform pesan-antar makanan yang paling diminati oleh para responden.

Setidaknya lebih dari 80 persen responden memilih GoFood lantaran platform ini menawarkan pilihan menu dan merchant yang bervariasi dibandingkan platform lainnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com