Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Suntik Rp 3,5 Triliun untuk Produsen Gorilla Glass

Kompas.com - 20/09/2019, 14:32 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apple dikabarkan menambah investasinya ke pabrikan pelindung layar ternama asal Amerika Corning Inc.

Nilai investasi yang digelontorkan untuk produsen Corning Gorilla Glass tersebut senilai 250 juta dollar AS (Rp 3,5 triliun) yang diambil dari program Advanced Manufacturing Fund.

Program tersebut dicanangkan oleh CEO Apple Tim Cook yang fokus untuk mendukung lapangan pekerjaan manufaktur di AS. Sebelumnya, Apple telah menanamkan investasi di Corning sebesar 200 juta dollar AS pada tahun 2017.

"Apple menghabiskan 60 miliar dollar AS dengan 9.000 pemasok Amerika di tahun 2018, mendukung 450.000 lapangan pekerjaan di 50 negara dan membuka pabrik di 36 negara," tulis Apple, dihimpun KompasTekno dari Phone Arena, Jumat (20/9/2019).

Investasi ini akan digunakan untuk riset dan pengembangan lapisan kaca ponsel yang lebih tangguh.

Apple mengatakan, semua lapisan kaca di perangkat iPhone dari segala generasi termasuk iPhone 11, menggunakan pelapis kaca yang diproduksi pabrik Corning di Harrodsburg, Kentucky, AS.

"Model iPhone terbaru menggunakan kaca tertangguh yang pernah ada di smartphone, termasuk mesin belakang yang terbuat dari lapisan kaca yang memungkinkan pengisian daya nirkabel," tulis Apple.

Baca juga: Ini Harga dan Spesifikasi iPhone 11, iPhone 11 Pro, Serta iPhone 11 Pro Max

Program Advanced Manufacturing Fund juga digunakan Apple untuk meyakinkan pemerintah AS bahwa semua produk inti yang diproduksi Apple, termasuk iPhone, Mac, Apple Watch, dan Apple TV, mengandung material yang berasal dari AS dengan komponen yang berasal dari pemasok yang berbasis di AS pula.

Baca juga: Fitur-fitur iPhone 11 yang Dicomot dari Android

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com