Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melihat Hasil Jepretan Huawei Mate 30 Pro yang Punya 4 Kamera "Bundar"

Kompas.com - 21/09/2019, 16:17 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

MUNICH, KOMPAS.com - Ponsel Mate 30 Pro yang baru diresmikan oleh Huawei pekan ini dibekali dengan empat kamera belakang yang termuat di dalam modul berbentuk bundar.

Keempat kamera itu terdiri dari kamera wide 40 MP (f/1.6, 27mm, OIS) Super Sensing, kamera ultra wide Cine 40 MP (f/1.8, 18mm) SuperSensing camera, kamera telephoto 8 MP (f/2.4, 80mm, OIS) dengan 3x optical zoom, dan kamera 3D ToF.

Apabila diperhatikan, ada beberapa perbedaan spesifikasi kamera antara Mate 30 Pro dan P30 Pro yang diluncurkan pada Maret lalu.

Misalnya, kamera ultra-wide Huawei Mate 30 Pro kini beresolusi 40 MP dan memiliki sudut pandang lebih sempit (f/1.8, 18 mm), dibandingkan kamera ultra-wide P30 Pro yang memiliki resolusi 20 MP (f/2.2, 16 mm).

Native aspect ratio kamera ultra wide Mate 30 Pro juga berubah menjadi 3:2, dari tadinya 4:3 di P30 Pro. Perbedaan cakupan bidang pandang keduanya pun akan makin kentara jika jepretan kedua ponsel disandingkan seperti dalam gambar di bawah.

Kamera ultra wide Mate 30 Pro (kanan) memiliki aspect ratio 3:2 dan bidang pandang lebih sempit dibandingkan milik P30 Pro. Namun, kemampuan videonya lebih mumpuni.
KOMPAS.com/ OIK YUSUF Kamera ultra wide Mate 30 Pro (kanan) memiliki aspect ratio 3:2 dan bidang pandang lebih sempit dibandingkan milik P30 Pro. Namun, kemampuan videonya lebih mumpuni.

Alasan perubahan ini mungkin karena Huawei mengoptimalkan kamera ultra-wide Mate 30 Pro untuk merekam video.

Baca juga: Huawei Pastikan Mate 30 dan Mate 30 Pro Tak Punya Google PlayStore

Lalu, kamera telephoto zoom periskop 5X yang hadir pada P30 Pro juga absen di Mate 30 Pro, berganti kamera 8 MP (f/2.4, 80mm, OIS) yang mirip dengan kamera telephoto milik seri Mate 20 dan P20.

Walhasil, Mate 30 Pro tak bisa zoom in sedekat P30 Pro sebelum kualitas gambar mulai menurun karena pembesaran digital.

Meski begitu kamera ultra wide Mate 30 Pro ternyata masih bisa diandalkan untuk memotret.

Resolusi asli dari kamera wide dan ultra wide adalah 40 MP, namun resolusi foto default dipatok sebesar 10 MP lantaran melalui pixel binning untuk meningkatkan kualitas hasil akhir.

Baca juga: Mate 30 RS Porsche Design Meluncur, Ponsel Teratas dari Huawei

KompasTekno membawa Mate 30 Pro berjalan-jalan di kota Munich, Jerman, untuk menjajal kebolehan kameranya. Simak hasil jepretannya dalam rangkaian foto di tautan berikut, https://tekno.kompas.com/galeri/detail/295/Memotret.Munich.dengan.Huawei.Mate.30.Pro

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com