Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia, Konsol Game Lawas yang Bakal Dirilis Konami

Kompas.com - 23/09/2019, 08:14 WIB
Yudha Pratomo,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

TOKYO, KOMPAS.com - Perusahaan pengembang game asal Jepang, Konami, akan turut merilis sebuah konsol di 2020 mendatang. Namun konsol yang dibuat adalah perangkat untuk memainkan game lawas keluaran Konami.

Konsol tersebut bernama PC Engine. Dengan ukuran yang mungil, PC Engine mampu menampung sebanyak lebih dari 50 game keluaran Konami mulai tahun 1980 hingga 1990-an.

PC Engine bisa disebut sebagai konsol emulator yang berisi sejumlah game Nintendo dan Sega Genesis. Sepintas, tampilan konsol ini memang mirip dengan konsol Super NES Classic yang diluncurkan Nintendo beberapa waktu lalu.

PC Engine memiliki desain controller yang khas dengan Super NES. Controller tersebut dihubungkan dengan konsol melalui kabel USB. Sementara untuk terhubung dengan monitor, konsol ini menggunakan port HDMI serupa dengan Super NES Classic.

Ada sejumlah judul game legendaris yang hadir dalam konsol ini seperti Bomberman, Dragon Spirit, Galaga 88, Seirei Senshi Spriggan hingga The Legend of Valkyrie.

Konami memamerkan konsol ini dalam gelaran Tokyo Game Show 2019 yang berlangsung beberapa waktu lalu. Di sana, tim KompasTekno pun sempat menjajal konsol PC Engine ini.

Baca juga: Mengintip Suasana Tokyo Game Show 2019

Suasana booth PC Engine Konami di Tokyo Game Show 2019Yudha Pratomo/KompasTekno Suasana booth PC Engine Konami di Tokyo Game Show 2019
Pengalaman bermain konsol PC Engine memang terasa sedikit berbeda jika dibandingkan bermain game lawas melalui Nintendo Classic atau Super NES Classic.

Besar kemungkinan hal tersebut disebabkan oleh model controller yang sedikit berbeda. Meski memiliki susunan tombol yang sama, posisi tombol sedikit lebih rendah ketimbang Super NES Classic. Sehingga butuh sedikit penyesuaian saat pertama kali mengenggam.

Selebihnya, konsol ini menyajikan pengalaman yang serupa dengan konsol lawas di tahun 80 dan 90an. PC Engine bisa menjadi salah satu konsol alternatif yang dapat dimainkan untuk bernostalgia.

Baca juga: Konsol Game Nintendo Switch Kini Bisa Jalankan OS Android

PC Engine akan dirilis pada 19 Maret 2020 mendatang dan akan dibanderol seharga 10.500 Yen atau sekitar Rp 1,3 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com