Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony Siapkan Ponsel Xperia dengan Snapdragon 865?

Kompas.com - 01/10/2019, 17:47 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber TechRadar

KOMPAS.com - Awal bulan September lalu, Sony kembali menegaskan bahwa mereka masih eksis di dunia smartphone dengan meluncurkan ponsel flagship terbarunya, Xperia 5.

Belum genap satu bulan kemudian, beredar kabar bahwa vendor asal Jepang ini tengah menggarap ponsel terbarunya yang memiliki hardware yang lebih bertenaga dari Xperia 5.

Ponsel anyar tersebut konon bakal ditenagai dengan calon chip high-end dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 865, yang belum resmi diumumkan.

Rumor ini berasal dari sumber media Jepang yang tengah menelisik dokumen software ponsel Xperia yang tersimpan di server distribusi firmware Sony.

Baca juga: Qualcomm Serahkan Produksi Snapdragon 865 ke Samsung?

Jika dilihat seksama, dokumen tersebut sebenarnya tak mencantumkan nama Snapdragon 865 secara gamblang. Namun, di situ tercantum kode nama yang diduga tak lain mengacu pada chip ponsel tersebut, yakni "SM8250".

Snapdragon 855 yang dimiliki oleh Xperia 5 diketahui memiliki kode" SM8150". Dengan demikian, ada kemungkinan ponsel Xperia terbaru tadi bakal dibekali dengan chip generasi penerus dari Snapdragon 855.

Kemudian, sumber asal Jepang tadi melanjutkan, ponsel Xperia terbaru ini bakal hadir dalam dua varian, yaitu 4G dan 5

Ilustrasi dokumen firmware ponsel yang diduga sebagai XperiaAndroPlus Ilustrasi dokumen firmware ponsel yang diduga sebagai Xperia
Varian 5G dari ponsel itu, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TechRadar, Selasa (1/10/2019), akan dibekali dengan modem 5G yang terintegrasi dengandi dalam chip.

Lagi-lagi ini merupakan indikasi bahwa dapur pacu calon ponsel anyar Sony lebih bertenaga dari Xperia 5 dengan memakai chip lebih baru. Sebab, chip Snapdragon 855 di Xperia 5 diketahui tak memiliki modem 5G terintegrasi.

Baca juga: Snapdragon 865 Bakal Dibekali Modem 5G Terintegrasi?

Terlepas dari dukungan 5G tadi, belum jelas seperti apa spesifikasi lain dari ponsel terbaru yang kabarnya tengah digarap Sony ini.

Terlebih, pihak Sony belum memberikan informasi apapun terkait pengembangan ponsel terbaru mereka. 

Ada kemungkinan pihak Sony baru akan membeberkannya di ajang Mobile World Congress (MWC) yang akan digelar di Barcelona, Spanyol, pada Februari 2020 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TechRadar


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com