Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sedang Siapkan PS5, Bos PlayStation Malah Mundur

Kompas.com - 02/10/2019, 07:03 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - Sony Interactive Entertainment (SIE) Worldwide Studios, divisi Sony yang mengawasi para pengembang game eksklusif PlayStation, mengumumkan pengunduran diri salah satu jajaran petingginya.

Melalui jejaring sosial Twitter, pihaknya menyampaikan bahwa Chairman SIE Worldwide Studios, Shawn Layden bakal meninggalkan jajaran pimpinan SIE. Kepergian Layden justru di saat Sony sedang bersiap merilis PlayStation 5 (PS5).

"Dengan berat hati kami mengumumkan bahwa Chairman Worldwide Studios Shawn Layden akan mengundurkan diri dari SIE," ujar pihak Sony lewat akun @PlayStation.

Baca juga: Sony Buka Toko Online untuk Aksesori PlayStation

"Kami sangat berterima kasih atas pelayanannya selama bertahun-tahun (di Sony). Terima kasih untuk semuanya, Shawn!," imbuh mereka.

Meski diumumkan, pihak Sony tidak membeberkan kapan waktu tepatnya Layden melepas jabatannya dari SIE. Mereka juga tak mengumbar alasan mengapa Layden mengundurkan diri, maupun siapa yang akan menggantikannya.

Namun, pengunduran diri Layden ini diumumkan di saat Sony tengah bersiap untuk meluncurkan konsol generasi penerus PlayStation 4 (PS4), yaitu PS5.

Meski belum diketahui nama pasti dan tanggal peluncurannya, PS5 diduga kuat bakal meluncur sekitar tahun 2020. Belum diketahui apakah pengunduran diri Layden ada dampaknya terhadap timeline peluncuran PS5 atau tidak. 

Siapa sebenarnya Shawn Layden?

Bagi yang belum tahu, Layden merupakan sosok yang sangat berpengaruh di jajaran manajemen Sony, terutama di bisnis hiburan yang berada di bawah payung PlayStation.

Bahkan, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Engadget, Rabu (2/10/2019), ia pernah menjadi asisten pribadi dari figur penting di balik berdirinya Sony Corporation, Akoi Morita. Tidak disebutkan kapan Layden menjabat sebagai asisten dari Morita. 

Nah, jika dilihat dari halaman LinkedIn Layden, ia mencatat karir pertamanya di Sony pada tahun 1996 sebagai Producer International Software Development di Sony Computer Entertainment Inc. (SCEI)

Baca juga: Sony Bicara Pasar Earphone Kabel versus Wireless di Indonesia

Kemudian sekitar tiga tahun, ia langsung menyabet posisi Vice President di Sony Computer Entertainment Europe (SCEE) hingga tahun 2007.

Setelah itu, ia kemudian mengambil alih posisi President di Sony Computer Entertainment Japan (SCEJ) hingga tahun 2010.

Kepemimpinan di bisnis hiburan Sony terus ia jalankan hingga ia menjadi Chief Operating Officer (COO) di SIE pada tahun 2010. Lalu, ia menjadi President sekaligus CEO SIE sejak tahun 2014 hingga 2018.

Pada tahun 2016, ia juga menjabat sebagai Chairman SIE dan posisi ini dipegang olehnya hingga sekarang.

Lantas, akankah kiprah Layden bakal dilanjutkan oleh penerusnya? Hanya waktu yang bisa menjawab.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com