Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/10/2019, 11:23 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Satu per satu bocoran tentang Samsung Galaxy S11 mulai terungkap. Bocoran yang sudah beredar mengungkapkan smartphone flagship ini akan memiliki kamera 5x optical zoom. Galaxy S11 juga disebut akan memiiki resolusi kamera 108 megapiksel.

Bocoran paling baru terdengar lebih segar. Pasalnya, fitur yang kemungkinan disematkan belum pernah ada sebelumnya di smartphone mana pun, termasuk pesaing berat Samsung Galaxy, yakni iPhone.

Bocoran ini berasal dari Let's Go Digital yang mengulik paten yang telah didaftarkan Samsung. Paten itu mengungkap adanya beberapa sensor cahaya termasuk infrared spectrometer di bagian punggung.

Sensor ini memungkinkan ponsel untuk mengirim gelombang elektromagnetik ke arah objek, termasuk IR dan cahaya yang tidak kasat mata. Kemudian, ia akan mengirimkan sinyal kembali ke spectrometer.

Baca juga: Galaxy S11 Bakal Dibekali Teknologi Kamera Baru?

Dengan bantuan sebuah chip khusus, data dari objek tersebut akan dianalisis untuk menentukan beberapa karakteristik objek yang dimaksud, termasuk kadar air, kadar gula, dan bahkan detak jantung.

Ilustrasi sensor infrared spectrometer yang bisa digunakan untuk mendeteksi akdar gula, kadar air, bahkan detak jantung.Lets Go Digital Ilustrasi sensor infrared spectrometer yang bisa digunakan untuk mendeteksi akdar gula, kadar air, bahkan detak jantung.

Di masa depan, kemampuan sensor ini tidak hanya itu saja. Ia juga akan bisa mengukur kandungan karbondioksida atau kadar glukosa darah, dan mendeteksi asap. Samsung kemungkinan juga akan menggunakan teknologi ini untuk fitur pengenal wajah.

Rekaan desain juga dibuat Let's Go Digital apabila Galaxy S11 mendatang benar-benar memuat sensor dan fitur kamera sesuai bocoran saat ini.

Kendati demikian, ini baru spekulasi awal. Sampai ada konfirmasi resmi dari Samsung, belum bisa dipastikan apakah teknologi ini akan disematkan di Galaxy S11 atau model Galaxy lainnya.

Render Galaxy S11 apabilan benar-benar dilengkapi kamera 5x optical zoom dan beberapa sensor sesuai paten yang beredar.Lets Go Digital via BGR Render Galaxy S11 apabilan benar-benar dilengkapi kamera 5x optical zoom dan beberapa sensor sesuai paten yang beredar.

Dirangkum KompasTekno dari BGR, Rabu (2/10/2019), yang dihimpun dari Let's Go Digital, paten ini didaftarkan 20 Maret 2019 lalu di United States Patent and Trademark Office (USPTO) dan World Intellectual Property Office (WIPO).

Galaxy S11 diperkirakan akan rilis awal tahun depan, jika menilik jadwal peluncuran Galaxy S10 sebelumnya. Kemungkinan, peluncurannya jatuh pada bulan Februari bebarengan dengan agenda tahunan Mobile World Congress (MWC).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com