Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sistem Operasi MacOS 10.15 Catalina Sudah Bisa Diunduh

Kompas.com - 08/10/2019, 09:33 WIB
Reska K. Nistanto,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sistem operasi MacOS 10.15 Catalina sudah bisa diunduh oleh pengguna komputer Mac dan laptop MacBook hari ini, Selasa (8/10/2019).

Update MacOS terbaru tersebut bisa diunduh secara gratis melalui ikon Apple di pojok kiri atas komputer Mac, pilih "System preferences", lalu klik "Software update". Karena ukurannya sekitar 8 GB, pengguna disarankan mengunduhnya dengan koneksi WiFi.

MacOS 10.15 Catalina menandai berakhirnya layanan iTunes. Aplikasi tunggal tersebut kini dipecah menjadi beberapa aplikasi, yaitu Apple Music, Pdcast, dan Apple TV.

Semua fungsi iTunes sebelumnya tetap bisa dijumpai di masing-masing aplikasi, sesuai dengan peruntukkannya. Sementara untuk sinkronisasi iPhone dan iPad, pengguna bisa melakukannya lewat aplikasi Finder.

Baca juga: Daftar MacBook yang Bisa Update ke MacOS 10.15 Catalina

MacOS Catalina juga memiliki dukungan untuk aplikasi iPad di MacOS, melalui Project Catalyst, yang bisa menjalankan beberapa software dari tablet Apple ke komputer dekstop atau laptop.

Ilustrasi macOS CatalinaApple Ilustrasi macOS Catalina
Dirangkum KompasTekno dari situs resmi Apple, Selasa (8/10/2019), terdapat juga fitur Sidecar dimana pengguna iPad bisa menjadikan layar komputer Mac sebagai layar sekunder, baik secara nirkabel maupun dengan kabel.

Fitur tambahan lain yang disertakan adalah Screen Time dan proteksi privasi yang lebih ketat, seperti aplikasi yang harus meminta izin akses ke desktop, dokumen, iCloud Drive, dan penyimpanan eksternal.

Baca juga: Apple Kenalkan MacOS Catalina, Ini Fitur-fiturnya

Fitur keamanan lain yang tak kalah penting adalah Activation Lock. Dengan fitur ini, komputer laptop atau desktop Mac yang memiliki chip keamanan T2 tidak bisa dihapus atau diaktifkan kembali tanpa password Apple ID, mirip i fitur anti-maling yang dimiliki oleh iPhone.

Untuk melihat fitur-fitur baru MacOS 10.15 Catalina, Anda bisa mengunjungi tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com