Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Siapkan Sertifikat Khusus untuk Ponsel Gaming

Kompas.com - 09/10/2019, 07:02 WIB
Reska K. Nistanto,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dengan semakin banyaknya vendor smartphone yang memproduksi ponsel khusus gaming, Google berencana membuat program sertifikasi bernama "Game Device Certification" untuk perangkat-perangkat tersebut.

Tujuannya, Google ingin memastikan agar semua perangkat gaming bisa bekerja sesuai harapan, yakni memiliki kemampuan yang cukup untuk dipakai bermain dan sejalan dengan keinginan pengembang game.

Baca juga: Menjajal Black Shark 2 Pro, Ponsel Gaming yang Segera Masuk Indonesia

Rencana sertifikasi ini diketahui dari daftar persyaratan yang wajib dipenuhi oleh para rekanan original equipment manufacturer (OEM) dan original design manufacturer (ODM), sebelum memasang Google Mobile Suites (GMS) di perangkat buatan mereka.

Dalam dokumen tersebut, kini terdapat seksi baru yang bernama "Gaming Device Certification." Isinya menjelaskan bahwa ada sejumlah syarat yang mesti dipenuhi apabila sebuah perangkat ingin memperoleh Gaming Device Certification.

Syarat dimaksud antara lain memiliki pengolah grafis (GPU) berkinerja tinggi, mendukung API terkini, serta menunjukkan perilaku yang bisa diprediksi, misalnya dalam hal throttling karena panas.

Baca juga: Logitech Rilis Keyboard Gaming G Pro X dengan Tombol yang Bisa Diganti

Menurut kabar yang dihimpun KompasTekno dari Gizmochina, Rabu (11/10/2019), Google sudah menyiapkan tim khusus untuk menangani urusan sertifikasi ponsel gaming ini.

Untuk sekarang, masih belum ada perangkat yang memperoleh Gaming Device Certification karena sertifikasi itu pun belum diumumkan secara resmi oleh Google.

Apabila telah bergulir nanti, kemungkinan Google akan menampilkan daftar ponsel gaming bersertifikasi dan akan terus memperbaruinya seperti perangkat Android Enterprise Recommended.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com