Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HTC Bakal Kembali Bikin Ponsel Premium

Kompas.com - 09/10/2019, 10:09 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - HTC, vendor smartphone Taiwan itu memang hampir tak terdengar lagi namanya. Gaung HTC kian tertutup oleh para produsen ponsel pintar asal China yang semakin menggurita.

Setelah merilis ponsel seri U19e pada Juni lalu, HTC belum lagi mengeluarkan ponsel yang masuk kategori segmen menengah atas. Namun kabarnya HTC berencana untuk kembali merilis ponsel segmen premium.

Rencana tersebut diutarakan oleh CEO HTC, Yves Maitres. Menurutnya, ponsel premium ini akan dipasarkan di negara yang memiliki angka GDP (produk domestik bruto) yang tinggi.

Baca juga: Ponsel Google Pixel 3a Ternyata Bikinan HTC

"HTC telah berhenti berinovasi dalam hardware smartphone. Apple, Samsung dan Huawei bisa berinvestasi dengan baik pada hardware. Kami tidak, karena kami berinvestasi pada inovasi Virtual Reality," kata Yves.

Ia menambahkan bahwa HTC belum berencana untuk sepenuhnya berhenti dari industri ponsel pintar. Kendati begitu, Yves tidak memberikan penjelasan secara rinci tentang strategi yang diambil, untuk mulai kembali memproduksi ponsel premium.

Dikutip KompasTekno dari Android Authority, Rabu (9/10/2019), HTC sendiri saat ini membukukan kerugian selama lima kuartal berturut-turut. Pada kuartal kedua (Q2) 2019 pun HTC masih tercatat mengalami kerugian finansial.

Bisnis smartphone HTC tercatat mulai memburuk sejak tahun 2011 lalu. Pada saat itu, HTC masih berstatus sebagai vendor ponsel terbesar di Amerika Serikat, mengalahkan Samsung dan Apple.

Namun bangkitnya vendor-vendor asal China seperti Huawei dan ZTE, serta meningkatnya persaingan antara Apple dan Samsung membuat HTC harus bertekuk lutut pada 2012.

Baca juga: HTC Berhenti Bikin Ponsel Murah

Pada tahun 2018, Google mengambil alih sebanyak 2.000 insinyur dan staff dari HTC untuk merancang dan membuat ponsel Pixel. Sejak saat itu pula, HTC mulai mencoba meluncurkan ponsel yang fokus kepada blockchain.

Namun dengan segala macam strategi yang diterapkan, termasuk dengan menjual brand HTC kepada InOne, angka penjualan smartphone HTC tetap merosot. Bahkan brand ini tidak masuk dalam 10 besar vendor dengan pangsa pasar terbesar di dunia.

"HTC melakukan kesalahan dalam hal pengaturan waktu. Ini adalah kesalahan yang sulit untuk dibayar, tetapi kami masih memiliki begitu banyak aset dalam untuk berinovasi, tim dan neraca, sehingga saya merasa kami sedang pulih dari kesalahan ini," pungkas Yves.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com