Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Ponsel Baru yang Berbentuk Unik dari Perusahaan "Bapak Android"

Kompas.com - 10/10/2019, 18:10 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Andy Rubin, mantan pimpinan Android di Google yang sering dijuluki sebagai "bapak" sistem operasi tersebut, baru-baru ini memamerkan ponsel berbentuk unik.

Dalam sejumlah foto yang dibagikan Rubin melalui akun Twitter pribadinya, bodi sang perangkat terlihat memanjang seperti remote control televisi, atau ponsel yang dipotong setengah. Antarmuka di layarnya pun beda dari smartphone kebanyakan.

Baca juga: Essential, Smartphone Buatan Bapak Android Resmi Meluncur

"UI baru untuk faktor bentuk yang sangat berbeda," kicau Rubin dalam tweet yang memuat rangkaian gambar tersebut. Ponsel jangkung itu adalah calon perangkat baru dari Essential, perusahaan smartphone yang didirikan Rubin pada 2013.


Selain rancangan bodinya, cat pelapis ponsel ini juga tak biasa karena bisa berubah warna ketika dipandang dari sudut berbeda, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Engadget, Kamis (9/10/2019).

Baca juga: Tinggalkan Google, Bapak Android Ungkap Startup Miliknya

Jika punggungnya dilihat dari kiri, misalnya, cangkang ponsel akan berwarna hijau. Sementara jika dilihat dari atas, warnanya akan berubah menjadi oranye. Lalu, jika dilihat dari kanan warnanya akan berubah menjadi biru keunguan.  

Rubin menyebut punggung ponsel ini bisa berganti warna lantaran terbuat dari material GEM Colorshift. Ia tidak menjelaskan lebih lanjut bagaimana mekanisme finishing cangkang ponsel ini diterapkan.

Rubin belum mengumbar apakah ponsel tersebut bakal tersedia bagi konsumen secara umum atau tidak. Namun, pihak essential sendiri dalam sebuah twit mengatakan sedang mengujicoba smartphone dimaksud.

Essential sendiri merupakan perusahaan startup hardware yang didirikan oleh Rubin pada 2015 setelah keluar dari Google. Produk pertamanya adalah Essential Phone PH-1, ponsel dengan "notch" berbentuk lingkaran kecil yang meluncur pada Mei 2017.

Baca juga: Akhir Cerita Ponsel Essential Buatan Bapak Android

Kiprah smartphone tersebut di pasaran sempat tertunda karena masalah produksi. Saat sudah dijual, Essential Phone PH-1 kabarnya kurang diminati konsumen sehingga penjualannya dihentikan menjelang akhir 2018.

Kini, sang Bapak Android dan perusahaannya sepertinya akan kembali menjajal peruntungan di dunia gadget melalui perangkat unik di atas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com