Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Gojek Nadiem Makarim Tiba di Istana Negara, Bakal Jadi Menteri?

Kompas.com - 21/10/2019, 10:37 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Founder sekaligus CEO startup Gojek Nadiem Makarim terlihat mendatangi Istana Negara pada Senin (21/10/2019).

Nadiem yang muncul dari gerbang utama mengenakan kemeja putih menarik perhatian wartawan yang sedang meliput di lokasi.

Hal ini memunculkan dugaan Nadiem akan masuk ke dalam jajaran kabinet Presiden Jokowi jilid 2. Ia hanya membalas senyum kepada sejumlah awak media yang gencar melontarkan pertanyaan.

Baca juga: Ditawari Masuk Kabinet Jokowi, Nadiem Makarim Mundur dari Gojek

Pria 35 tahun lulusan Universitas Harvard kabarnya akan masuk dalam jajaran pemerintahan sebagai salah satu menteri.

Namun, Nadiem tidak menjawab apakah kehadirannya di Istana apakah karena telah ditunjuk menjadi menteri oleh Jokowi. "Saya dipanggil Presiden. Nanti ya, nanti ya," kata dia.

Ada yang menyebut dia akan menjadi menteri digital dan ekonomi kreatif. Ada pula yang mengatakan Nadiem bakal bergabung ke Kementerian Pendidikan.

Hingga kini masih belum ada kepastian jabatan apa yang akan disandang Nadiem, kalaupun dia benar masuk kabinet. Presiden Joko Widodo kemungkinan baru akan mengumumkan jajaran kabinetnya menjelang siang ini.

Pelantikan para menteri di kabinet baru akan dilakukan dalam beberapa hari ke depan setelah Wakil Presiden Ma'ruf Amin kembali ke Indonesia setelah kunjungannya ke Tokyo.

Hasil pertemuan dengan Jokowi

Nadiem memberikan keterangan sesaat keluar dari Istana Negara setelah kurang lebih satu jam bertemu Jokowi.

"Saya mendapat kehormatan yang luar biasa untuk bisa bergabung ke kabinetnya Pak Presiden," ujarnya kepada awak media di Istana Negara.

Kendati demikian, Nadiem masih enggan membeberkan bakal posisinya di eksekutif. Ia mengatakan, posisi spesifik baru akan diumumkan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

"Saya bersedia, saya menerima," jawabnya ketika ditanya tentang tawaran jabatan menteri.

Kepada wartawan, Nadiem lebih banyak bercerita topik yang dibahas bersama Presiden Joko Widodo sebelumnya. Tanpa menyebut bakal posisi yang ditawarkan, Nadiem beberapa kali menyinggung perihal peningkatan SDM dan investasi.

Sebelumnya, rumor yang beredar menyebut Nadiem Makarim akan menjabat Menteri Digital dan Ekonomi Kreatif, kementerian dengan nomenklatur baru. Ada pula yang menyebut Nadiem akan menduduki posisi di Kementerian Pendidikan.

Namun, pengumuman resmi jajaran Kabinet Kerja Jilid 2 belum juga diumumkan Presiden Jokowi hingga berita ini ditayangkan. Sebelumnya, Presiden Jokowi menjanjikan akan mengumumkan jajaran kabinet pada Senin (21/10/2019) pagi.

Namun hingga Senin siang, baru sejumlah tokoh yang datang ke Istana Negara tanpa pengumuman resmi. Nadiem juga menegaskan posisinya di Gojek saat ini telah dilepas.

"Sudah pasti posisi saya di Gojek sudah mundur, dan tidak ada kewenangan sama sekali," aku Nadiem.

Baca juga: Mundur dari GoJek, Berapa Kepemilikan Saham Nadiem Makarim?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com