Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkominfo Johnny Plate Ingin Indonesia Punya Startup "Hectocorn"

Kompas.com - 23/10/2019, 16:50 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Plate menyatakan keinginannya untuk mencetak startup dengan valuasi lebih dari 100 miliar dollar AS alias hectocorn.

Indonesia sendiri saat ini baru memiliki satu startup berstatus decacorn, dan empat startup berstatus unicorn.

"Ini Indonesia harus mampu menghasilkan lebih banyak unicorn, decacorn dan kalau bisa kita punya startup dengan skala 100 miliar dollar AS (hectocorn)," kata Johnny.

Kendati demikian, Johnny tidak menjelaskan apa langkah kongkrit yang akan dilakukan untuk mewujudkan cita-cita tersebut. Ia hanya menegaskan Kementerian Kominfo akan menjadi fasilitator untuk mempercepat akselerasi perusahaan rintisan.

Baca juga: Ketambahan Ovo, Ini Daftar 5 Startup Unicorn di Indonesia

"Nanti kan banyak ahlinya, yang pasti dilakukan adalah kemudahan, peran regulator juga menjadi fasilitator, seperti yang disampaikan untuk mempercepat kesempatan-kesempatan, khususnya di bidang digital sebagai tempat selancarnya para milenial, itu akan jadi perhatian besar," lanjut Johnny.

Menkominfo periode sebelumnya, Rudiantara, juga meminta agar Kementerian Kominfo tetap lebih berperan sebagai fasilitator, ketimbang regulator. Sebab dengan memposisikan diri sebagai fasilitator, Kominfo dan pihak-pihak terkait bisa membuat kebijakan bersama.

"Harapan besar bagi kami Kominfo, ini betul-betul menerapkan bukan sebagai regulator tapi fasilitator. Enak fasilitasi anak muda. Tinggal bilang 'bro sis maunya apa?', bikin kebijakan bersama," ungkap Rudiantara.

Baca juga: Go-Jek Jadi Startup Decacorn Pertama Indonesia

Sebagai informasi, industri startup digital memiliki peringkat berdasarkan nilai atau valuasinya.

Startup dengan nilai 1 miliar dollar AS disebut sebagai unicorn, sementara perusahaan rintisan dengan nilai 10 miliar dollar AS disebut sebagai decacorn, dan startup bernilai 100 miliar dollar AS disebut hectocorn.

Indonesia sendiri saat ini baru memiliki satu startup decacorn, yakni GoJek. Kemudian ada pula empat startup berstatus unicorn, yakni Bukalapak, Tokopedia, Ovo, dan Traveloka.

Hectocorn sampai saat ini merupakan kasta yang paling tertinggi dalam industri startup digital. Perusahaan yang masuk dalam kategori hectocorn memang sangat langka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com