Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menengok Kecanggihan 4 Kamera Realme XT

Kompas.com - 23/10/2019, 18:55 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Realme resmi merilis smartphone Realme XT di Indonesia lewat sebuah acara peluncuran di Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Di panggung acara, Realme menjagokan beragam fitur yang terfokus pada sektor kamera. Ya, Realme XT memang dibekali kamera utama 64 megapiksel yang diklaim mampu menghasilkan foto beresolusi 9.216 x 6.912 piksel.

Di balik lensa kamera yang berbukaan f/1.8, terdapat sensor Samsung Bright GW1. Sensor ini juga mengadopsi teknologi ISOCELL Plus, lengkap dengan teknologi HDR 3D, yang memungkinkan pengguna memotret lebih jelas dalam kondisi pencahayaan apa pun.

"Kamera 64 megapiksel Realme XT mampu menangkap lebih banyak cahaya dan detail, setiap gambar akan lebih jelas," klaim Chandler Qian, Camera Engineer Realme saat presentasi produk Realme XT

Kamera utama ini sendiri dilengkapi dengan teknologi 4-in-1 intelligent pixel binning.

Baca juga: Realme XT Berkamera 64 MP Resmi di Indonesia, Ini Harganya

Dengan teknologi tersebut, secara default, ponsel sejatinya akan menggabungkan 4 piksel menjadi 1 piksel besar untuk menghasilkan foto resolusi 16 megapiksel yang kaya akan detail.

Meski begitu, Realme XT juga dibekali dengan mode Ultra 64 MP yang memungkinkan kamera menghasilkan foto tanpa mengandalkan teknologi penggabungan piksel tadi.

"Pengguna bahkan bisa mencetak foto berukuran 360 x 270 cm tanpa mengurangi detail gambar," tutur Qian.

Mode pemotretan Ultra 64 MP (tanpa pixel binning, resolusi full).
KOMPAS.com/Bill Clinten Mode pemotretan Ultra 64 MP (tanpa pixel binning, resolusi full).
Fitur lainnya pada kamera utama ini adalah Chroma Boost untuk memperkaya warna foto, scene detection untuk mendeteksi beragam kondisi lingkungan, hingga Nightscape untuk mode pemotretan malam.

Selain kamera utama, Realme XT juga dilengkapi dengan tiga kamera lain, yaitu kamera ultrawide 8 MP, kamera macro 2 MP dan kamera depth sensor 2 MP.

Kamera ultrawide pada Realme XT sanggup mengambil foto dengan bidang pandang 119 derajat.

Baca juga: Kamera 64 Megapiksel Redmi Note 8 Pro, Berguna atau Cuma Gimmick?

Kemudian lensa kamera macro Realme XT memungkinkan pengguna untuk memotret objek dengan jarak pemotretan 4 cm, untuk memberikan detail yang lebih optimal.

Bagian depan Realme XT mengusung kamera selfie beresolusi 16 megapiksel (f/2.0) yang ditempatkan di dalam poni (notch) bergaya waterdrop. Kamera selfie ini juga dilengkapi dengan dengan fitur AI Beautification 2.0 untuk mempercantik wajah.

Harga Realme XT di Indonesia

Dengan beragam fitur kamera ini, Realme XT dibanderol dengan harga Rp 3.799.000 untuk varian RAM 4 GB dan memori internal 128 GB; serta Rp 4.499.000 untuk varian RAM 8 GB dan memori internal 128 GB.

Realme XT (4/128 GB) bisa didapatkan mulai hari ini di Shopee. Sementara Realme XT (8/128 GB) bakal tersedia 2 November mendatang.

"Realme XT adalah ponsel kamera 64 megapiksel pertama di Indonesia yang bisa didapatkan setelah peluncuran," tutup Brand Manager Realme Indonesia Palson Yi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com