Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Juara Umum Lomba ASEAN ICT Award 2019

Kompas.com - 25/10/2019, 12:11 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kontingen Indonesia berhasil menjadi juara umum di kompetisi ASEAN ICT Award (AICTA) 2019 di Vientiane, Laos. Tim Indonesia meraih 2 emas dan satu perunggu dalam penilaian akhir ajang tersebut yang digelar pekan ini.

Adapun kategori yang dimenangkan adalah Research and Development, Corporate Social Responsible dan Private Sector.

Emas pertama Indonesia didapatkan dari Private Sector yang diraih oleh tim RiTx Bertani. Mereka mengalahkan tim Spark FX dan V3 Vertical Positioning Technology dari Singapura.

Baca juga: Mengenal Sosok Menteri Kominfo Baru, Johnny G Plate

Kemudian emas kedua didapatkan dari kategori Research and Development tim ATM Sehat yang mengalahkan tim Maker Playground dari Thailand dan REUNITE dari Malaysia.

Sementara medali perunggu disabet oleh tim Darah Kita di kategori Corporate Social Responsible. Sebelumnya mereka berhadapan dengan Aor Sor Mor Online Platform dari Thailand dan Viettel Study Elearning Social Network dari Vietnam.

"Melalui pencapaian tersebut, Indonesia juga menjadi juara umum dalam ajang apresiasi bagi karya dan produk ICT dari level ASEAN," tulis Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo, Ferdinandus Setu, dalam keterangan pers yang diterima KompasTekno, Jumat (25/10/019).

Ferdinandus menambahkan, pencapaian kontingen Indonesia pada AICTA 2019 merupakan yang terbaik dalam delapan tahun keikutsertaannya.

Baca juga: Menkominfo: Anggaran ICT Indonesia Harus Ditambah Rp 100 Triliun

Berkat ketiga tim pemenang, Indonesia menjadi negara dengan perolehan emas terbanyak. Negara lain seperti Singapura, Laos, Vietnam, dan Thailand masing-masing mengumpulkan satu emas.

Tim-tim yang ikut serta di AICTA telah diseleksi oleh Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika sejak bulan April 2019. Ada 18 finalis dari Indonesia yang telah disaring melalui kurasi ketat dalam ajang seleksi Nasional karya dan produk TIK (Indonesian entrepreneur TIK/idenTIK).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com