Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layanan Internet Indihome dan Telkomsel Dilaporkan Bermasalah

Kompas.com - 05/11/2019, 10:56 WIB
Reza Wahyudi

Editor

KOMPAS.com — Layanan internet Telkomsel dan Telkom Indihome dilaporkan mengalami gangguan pada hari ini, Selasa (5/11/2019).

Hal ini mengakibatkan sejumlah pengguna tidak dapat mengakses situs web, media sosial, aplikasi chat, dan layanan internet lainnya. Meski demikian, layanan telepon dan SMS masih bisa digunakan secara normal.

Gangguan ini dikeluhkan pengguna mulai Senin sekitar pukul 10.00. Mereka melaporkan gangguan ini ke sejumlah media sosial.

Ini Indihome sama telkomsel pada kenapa sih? Masih bisa ngetweet pake wifi tapi foto sama video gak keluar. Telkomsel malah gak bisa dipake apa-apa,” ujar Tyas di akun media sosialnya.

Tumbangnya internet Telkom dan Telkomsel ini banyak dikeluhkan pengguna di Jabodetabek. Namun, pengguna di luar Jakarta juga mengeluhkan hal serupa.

Keluhan juga dilontarkan salah seorang pengguna di Sumatera. “@Telkomcare indihome payakumbuh lagi ada masalah,” tulis Aan Rizal di Twitter pada Senin siang.

Pengguna Telkom dan Telkomsel berusaha menghubungi layanan pelanggan kedua perusahaan. Akun Twitter dua perusahaan pelat merah ini, @Telkomsel dan @Telkomcare, pun kebanjiran mention dari ratusan pengguna.

KompasTekno telah mencoba menghubungi pihak Telkomsel dan Telkom terkait gangguan ini. Sampai berita ini diturunkan, hanya pihak Telkomsel yang memberikan pernyataan.

Juru bicara Telkomsel mengonfirmasi bahwa telah terjadi penurunan kualitas layanan data internet yang disebabkan oleh gangguan pada akses internet internasional Telkom Group, sedangkan untuk layanan voice dan SMS tetap berjalan normal.

"Saat ini layanan internet mulai berangsur pulih dan kami terus mengupayakan agar layanan internet dapat kembali normal. Kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi," kata Aldin Hasyim, GM External Corporate Communications Telkomsel.

Baca juga: Penjelasan Telkomsel soal Gangguan Internet Hari Ini

Update, Senin pukul 11.25 WIB.

Pihak PT Telkom sebagai penyedia layanan Indihome memberikan keterangan terkait gangguan hari ini. Berikut keterangan lengkapnya:

Terkait adanya gangguan akses internet internasional TelkomGroup, dapat kami informasikan bahwa proses perbaikan telah selesai dilakukan. Gangguan yang sempat terjadi selama 45 menit ini dapat disolusikan pada pukul 11:10 WIB. Saat ini semua layanan TelkomGroup sudah beroperasi normal.

Telkom memohon maaf atas ketidaknyamanan yang sempat dialami pelanggan yang terkena dampak gangguan. Proses recovery sudah selesai dilakukan dan pelanggan dapat menggunakan layanan TelkomGroup kembali seperti sedia kala.

Kami terus berkomitmen memastikan kualitas infrastruktur jaringan produk dan layanan TelkomGroup untuk pengalaman terbaik pelanggan.

Baca juga: Layanan Internet Indihome dan Telkomsel Sudah Normal Kembali

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com