Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Langganan YouTube Music Premium Bisa dengan Potong Pulsa, Ini Caranya

Kompas.com - 06/11/2019, 18:58 WIB
Yudha Pratomo,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Google akhirnya resmi membawa layanan streaming lagu YouTube Music ke Indonesia. Pihak Google melihat peluang pasar streaming di Asia Tenggara, khususnya Indonesia, cukup besar.

YouTube Music sendiri merupakan aplikasi streaming musik yang mirip Spotify. Pelanggan gratis bisa streaming lewat aplikasi YouTube Music secara gratis, tapi diselingi iklan. Bagi yang tidak ingin mendengar iklan, mereka bisa membayar biaya langganan.

Nah, untuk berlangganan, pengguna harus membayar biaya sebesar Rp 49.000 per bulan. Metode pembayarannya pun tersedia beberapa cara, salah satunya melalui mekanisme potong pulsa (carrier billing).

Baca juga: Cara Langganan YouTube Music Premium agar Bisa Download Lagu

Untuk berlangganan YouTube Music Premium melalui potong pulsa, pertama-tama pengguna harus mendaftar atau login menggunakan akun Google pada aplikasi YouTube Music di smartphone. Kemudian, tekan foto profil di pojok kanan atas lalu pilih "get music premium".

Pada menu pembayaran, secara default pengguna akan dihadapkan pada pilihan untuk menggunakan kartu kredit atau debit. Untuk mendapatkan metode pembayaran lain, cukup tekan logo Google Pay.

Kemudian pada bagian bawah akan muncul pilihan "Enable billing" sesuai dengan operator seluler yang digunakan. Agar bisa melakukan pembayaran lewat potong pulsa, tekan opsi tersebut agar aktif.

Baca juga: YouTube Music Meluncur di Indonesia, Bedanya dengan Spotify?

Berdasarkan pantauan KompasTekno, pengguna bisa melakukan pembayaran dengan pulsa operator seluler Telkomsel, Indosat, hingga XL Axiata. Nantinya pulsa yang dimiliki pengguna akan terpotong secara otomatis.

Untuk masa promosi tiga bulan ini YouTube Music Premium dapat dicoba secara cuma-cuma.

Dengan harga berlangganan Rp 49.000 per bulan, pengguna YouTube Music Premium bisa menikmati beragam fitur ekstra YouTube Music, seperti streaming musik tanpa iklan dan mengunduh (download) lagu, agar bisa diputar secara offline tanpa koneksi internet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com