Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesaing Spotify dari TikTok Dikabarkan Hadir di Indonesia Bulan Depan

Kompas.com - 18/11/2019, 11:01 WIB
Reska K. Nistanto,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perusahaan induk TikTok, ByteDance Technology Co Ltd, dikabarkan tengah menyiapkan layanan streaming musik berlangganan seperti Spotify dan YouTube Music. Layanan itu juga rencananya bakal dihadirkan di Indonesia.

ByteDance disebut tengah melakukan pembicaraan dengan sejumlah label musik papan atas seperti Universal Music, Sony Music, dan Warner Music, untuk keperluan penyediaan konten di layanan terkait.

Baca juga: YouTube Music Meluncur di Indonesia, Bedanya dengan Spotify?

Pembicaraan itu menyangkut kerja sama lisensi global untuk konten musik yang ada di bawah naungan label-label tersebut di atas.

Menurut laporan yang beredar, layanan streaming musik ByteDance ini akan hadir pada Desember 2019 dan diprioritaskan untuk pasar di negara berkembang, seperti India, Indonesia, dan Brasil.

Sumber yang familiar dengan isu ini menyebut selanjutnya ByteDance akan mengekspansi layanan streaming musik besutannya ke pasar yang lebih besar, seperti di Amerika Serikat (AS).

Lantas, apa bedanya layanan streaming musik besutan ByteDance dibanding Spotify atau YouTube Music?

Menurut laporan Financial Times yang dihimpun KompasTekno Senin (18/11/2019), karena menginduki TikTok, ByteDance kemungkinan ingin mengintegrasikan sejumlah layanannya.

Baca juga: Ini Dia Smartphone Pertama Bikinan TikTok

Karena itu, aplikasi musik on-demand buatan ByteDance nantinya boleh jadi bakal disertai pustaka video pendek yang bisa dicari dan disinkronkan dengan lagu yang sedang diputar.

Belum diketahui apa nama layanan musik on-demand bikinan ByteDance ini. Harga berlangganannya pun belum diumumkan, namun diprediksi bakal lebih murah dari Spotify, yang sebesar 10 dollar AS per bulan di Amerika Serikat. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com