Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibongkar, Apple MacBook Pro 16 Inci Ketahuan Pakai Keyboard Tipe Lama

Kompas.com - 22/11/2019, 08:10 WIB
Oik Yusuf

Editor

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Apple beberapa waktu lalu memperkenalkan laptop MacBook Pro terbaru dengan ukuran layar 16 inci. Bukan hanya ukuran layar yang lebih besar, perangkat ini pun memiliki komponen “baru tapi lama”.

Fitus iFixit mempreteli MacBook Pro 16 inci dan menemukan bahwa keyboard yang tertanam menggunakan switch scissor tipe lama, bukan butterfly seperti model MacBook Pro sebelum-sebelumnya.

Baca juga: Apple Akui Keyboard Kupu-kupu MacBook Bermasalah

Keyboard tipe scissor dipakai di perangkat-perangkat laptop Apple sebelum digantikan oleh tipe butterfly pada 2015.

Namun, keyboard butterfly justru memicu kontroversi karena rentan bermasalah apabila terkena debu atau kotoran. Banyak pengguna MacBook yang mengeluhkan aneka problem, mulai dari tombol yang macet hingga double typing.

Keyboard MacBook Pro 16 inci (2019) yang menggunakan switch tipe scissor, seperti ditemukan oleh situs iFixit. iFixit Keyboard MacBook Pro 16 inci (2019) yang menggunakan switch tipe scissor, seperti ditemukan oleh situs iFixit.
Masalah keyboard butterfly tak kunjung hilang sepenuhnya meski Apple telah melakukan revisi berkali-kali selama bertahun-tahun.

Kini, lewat MacBook Pro 16 inci, Apple agaknya “menyerah” dan memutuskan untuk kembali ke keyboard tipe lawas yang tak bermasalah.

Lebih tepatnya, keyboard scissor di MacBook Pro identik dengan milik perangkat Magic Keyboard yang juga dibuat Apple.

Begitu identiknya sehingga iFixit melaporkan tombol-tombol di keyboard kedua perangkat bisa saling ditukar.

iFixit menjelaskan bahwa keyboard baru rasa lama di MacBook Pro 16 inci itu memiliki travel lebih dalam sekitar 0,5mm dibanding keyboard butterfly. Penutup tombol (keycap) pun lebih tebal sekitar 0,2mm, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Jumat (22/11/2019).

Baca juga: Sering Bermasalah, Keyboard Butterfly MacBook Bakal Diganti?

Ke depan, Apple kabarnya bakal mengembalikan keyboard di lini MacBook berikutnya menjadi tipe scissor, termasuk untuk MacBook Pro 13 inci baru yang diprediksi bakal segera diluncurkan setelah model 16 inci.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com