Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Selisih Rp 400.000, Ini Beda Vivo S1 dan Vivo S1 Pro

Kompas.com - 25/11/2019, 19:40 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Vivo Indonesia resmi memboyong ponsel terbarunya, Vivo S1 Pro ke pasaran Tanah Air, lewat sebuah acara peluncuran di Jakarta, Senin (25/11/2019).

Jika dilihat sekilas, spesifikasi smartphone Vivo S1 Pro mirip dengan pendahulunya, Vivo S1 reguler yang telah diluncurkan pada Juli 2018 lalu.

Vivo S1 reguler dan Vivo  S1 Pro sama-sama memiliki bentang layar seluas 6,38 inci dengan jenis panel Super AMOLED (dengan fitur Screen Touch ID), berikut resolusi Full HD Plus dan rasio layar 19,5:9.

Kedua ponsel juga mengusung desain layar berponi (notched) untuk menampung kamera selfie 32 megapiksel, dan ditopang dengan kapasitas penyimpanan internal 128 GB serta baterai 4.500 mAh.

Baca juga: Alasan Kamera Belakang Vivo S1 Pro Berbentuk Belah Ketupat

Dari segi harga, Vivo mematok harga yang tidak jauh berbeda untuk keduanya. Saat peluncurannya Juli lalu, Vivo S1 dibanderol dengan harga Rp 3.599.000 (4 GB/128 GB). Sementara, harga Vivo S1 Pro dipatok di angka Rp 3.999.000 (8 GB/128 GB).

Keduanya memiliki selisih harga Rp 400.000, namun apa saja sebenarnya perbedaan Vivo S1 dan Vivo S1 Pro?

Desain

Perbedaan mencolok bisa dilihat pada aspek desain, terutama desain kamera belakang. Deretan kamera belakang Vivo S1 (16 MP + 8 MP + 2 MP) masih disusun secara vertikal.

Beda desain kamera belakang Vivo S1 (kiri) dan Vivo S1 Pro (kanan).KOMPAS.com/Bill Clinten Beda desain kamera belakang Vivo S1 (kiri) dan Vivo S1 Pro (kanan).
Sementara jajaran kamera yang menempel di punggung Vivo S1 Pro (48 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP) disusun di dalam modul berbidang belah ketupat.

Spesifikasi hardware

Pada ranah hardware, keduanya juga memiliki spesifikasi berbeda. Vivo S1 dipersenjatai dengan chipset Mediatek Helio P65 dipadu dengan RAM 4 GB.

Baca juga: Vivo S1 Pro Resmi Meluncur di Indonesia, Ini Harganya

Sementara Vivo S1 Pro dibekali dengan chipset Snapdragon 665 berikut RAM dengan kapasitas dua kali lipat lebih besar dari pendahulunya, yaitu 8 GB.

Konektor

Konektor kedua ponsel juga sejatinya tidak sama. Jika Vivo S1 Pro sudah mengadopsi konektor USB Type-C, Vivo S1 justru masih mengandalkan port konvensional micro USB.

Meski begitu, kedua ponsel bisa diisi dayanya dengan teknologi dual-engine fast charging dengan arus daya 18 watt.

Untuk segi software, kedua ponsel sudah dibekali dengan Android 9 Pie yang dilapis dengan sistem antarmuka FunTouch OS 9 ala Vivo.

Baca juga: Mengintip Isi Kemasan Smartphone Terbaru Vivo, S1 Pro

Dengan perbedaan seperti di atas, calon pembeli kini bisa memutuskan akan meminang seri Vivo S1 yang mana. Tentu saja Vivo S1 Pro dengan spesifikasi yang lebih mumpuni dibanding Vivo S1, menjadi nilai plus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com