Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akun Twitter yang Tidak "Login" selama 6 Bulan Akan Dihapus

Kompas.com - 27/11/2019, 19:33 WIB
Yudha Pratomo,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Twitter bakal "membersihkan" jejaringnya dari akun yang tidak terpakai. Mulai tanggal 11 Desember mendatang, platform microblogging itu akan menghapus akun yang tidak melakukan login selama 6 bulan terakhir.

Menurut pihak Twitter, kebijakan ini diambil agar sebagai komitmen Twitter untuk melayani percakapan publik. Dengan kebijakan ini, Twitter juga berharap informasi yang beredar di dalam platform besutannya akan lebih akurat dan kredibel.

Baca juga: Fitur Two-Factor Authentication Twitter Kini Tak Butuh Nomor Ponsel

Pihak Twitter pun saat ini telah mulai mengirimkan e-mail pemberitahuan kepada para pengguna terkait kebijakan tersebut.

Penghapusan akun non-aktif ini bersifat permanen sehingga tidak akan bisa dikembalikan.

"Kami proaktif menjangkau ke banyak akun yang belum melakukan login ke Twitter selama lebih dari enam bulan untuk memberi tahu mereka bahwa akun mereka akan dihapus secara permanen, karena tidak aktif dalam waktu yang lama," ungkap juru bicara Twitter.

Dirangkum KompasTekno dari The Verge, Rabu (27/11/2019), juru bicara Twitter mengatakan proses penghapusan seluruh akun yang tidak aktif ini akan membutuhkan waktu yang cukup lama, setidaknya selama beberapa bulan.

Penghapusan tersebut juga akan berlaku pada akun yang pemiliknya sudah meninggal dunia. Itu pun jika akun tersebut memang sudah tidak aktif selama 6 bulan terakhir.

"Kami belum memiliki cara untuk mengenang akun Twitter yang pemiliknya telah meninggal dunia. Tetapi tim kami saat ini sedang memikirkan cara untuk melakukannya," lanjut sang juru bicara Twitter.

Baca juga: Begini Cara Mengetahui Akun Bot di Twitter

Dengan adanya kebijakan penghapusan ini, bukan berarti Twitter akan menghilangkan akun-akun bot dari peredaran. Sebab, Twitter hanya akan menghapus akun yang terdeteksi tidak aktif selama enam bulan.

Twitter pun mengingatkan pengguna yang memiliki lebih dari satu akun agar tetap menjaga akun tersebut tetap aktif supaya tidak dihapus.

Update: Twitter Tunda Penghapusan Akun yang Tidak Aktif 6 Bulan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com