Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menengok Bukit Tempat Telkomsel Dilahirkan

Kompas.com - 28/11/2019, 14:22 WIB
Reska K. Nistanto,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Bukit Dangas adalah lokasi bersejarah untuk Telkomsel. Dari bukit yang terletak di sisi utara Pulau Batam inilah, operator seluler pelat merah tersebut memancarkan sinyal untuk pertama kalinya pada 1995.

Baca juga: Jadi Dirkeu Pertamina, Emma Sri Martini Lepas Jabatan Dirut Telkomsel

Menara pemancar sinyal (Base Transceiver Station, BTS) pertama Telkomsel dibangun di puncak bukit Dangas. Telkomsel kini telah menjelma jadi operator seluler terbesar di Indonesia dengan 170 juta pelanggan. 

"Bukit Dangas ini salah satu lokasi historis, karena menjadi cikal bakal Telkomsel lahir," kata Natkia, Supervisor Radio, Transport, and Power Operation Batam Telkomsel dijumpai KompasTekno, Kamis (28/11/2019).

Peresmian tower Telkomsel pertama itu ditandai lewat seremoni yang dihadiri oleh Menristek saat itu, Prof. Dr. BJ Habibie.

Kini, 24 tahun kemudian saat KompasTekno mengunjungi lokasi tersebut, menara setinggi 75 meter itu masih nampak terawat, dengan berbagai antena BTS yang terpasang.

Pada mulanya, tower BTS pertama Telkomsel itu hanya memancarkan sinyal 2G saja, dan sifatnya masih berupa percobaan, belum komersil.

Baca juga: Telkomsel Kini Sejajar dengan Perusahaan Internasional Dunia

Menara tersebut kini memiliki BTS yang memancarkan sinyal 2G, 3G, dan 4G. "Ini juga menjadi BTS paling modern, mendukung teknologi 4G MiMo," kata Natkia.

Bukit Dangas kini juga menjadi salah satu tempat wisata di Batam yang "Instagrammable", dengan landmark ikoniknya, Tebing Langit. Pehobi sepeda gunung downhill juga menjadikan Bukit Dangas sebagai lokasi favorit.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

KompasTekno jadi saksi uji coba jaringan trial 5G Telkomsel di Batam nih. Sekenceng ini enaknya buat download apa aja ya? ????

A post shared by Kompas Tekno (@kompas.tekno) on Nov 28, 2019 at 1:44am PST

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com