Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkomsel Uji Video Call Menggunakan Jaringan 5G di Batam

Kompas.com - 29/11/2019, 08:49 WIB
Reska K. Nistanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Telkomsel sukses melakukan uji coba panggilan video (video call) di jaringan 5G. Uji coba video call di jaringan 5G tersebut diklaim Telkomsel sebagai yang pertama di Indonesia.

Percobaan video call dilakukan dua kali. Pertama antara Direktur Planning and Transformation Telkomsel Edward Ying dengan President Director Ericsson Indonesia, Jerry Soper, yang keduanya sama-sama di Batam, dalam rangka uji coba jaringan 5G.

Video call kedua dilakukan antara Dirjen SDPPI, Ismail dengan Managing Director Network Optus, Dennis Wong yang berada di Sydney, Australia. Di Sydney, jaringan 5G memang sudah komersil di beberapa titik.

Panggilan video di jaringan 5G Telkomsel itu dilakukan Telkomsel dengan aplikasi Google Duo, dan dilakukan di band frekuensi 3,5 GHz yang disediakan oleh Ericsson.

Perangkat smartphone Oppo Reno 5G dipakai dalam uji coba video call tersebut. Oppo Reno 5G merupakan perangkat dengan basis Reno 10x Zoom, yang dibekali dengan tambahan modem X50 untuk mendukung konektivitas 5G.

Baca juga: Kominfo Ungkap Tiga Opsi Frekuensi untuk 5G di Indonesia

Pengamatan KompasTekno, panggilan video terlihat lancar, baik dari segi video maupun audionya. Video yang ditampilkan beresolusi tinggi, bahkan tidak pecah atau terlihat kotak-kotak saat ditampilkan di layar besar di panggung acara.

Uji coba panggilan 5G tersebut merupakan bagian dari use case jaringan 5G yang dipamerkan Telkomsel.

Berbagai contoh penggunaan jaringan 5G lain yang dipamerkan Telkomsel antara lain drone sebagai smart air patrol, smart surveillance, seamless gaming, dan solusi-solusi kolaboratif.

Semuanya memamerkan kecepatan internet mobile yang tinggi dalam mentransfer data, dengan latensi rendah.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

KompasTekno jadi saksi uji coba jaringan trial 5G Telkomsel di Batam nih. Sekenceng ini enaknya buat download apa aja ya? ????

A post shared by Kompas Tekno (@kompas.tekno) on Nov 28, 2019 at 1:44am PST

Baca juga: Menjajal Oppo Reno 5G Menggunakan Internet 5G Telkomsel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com