Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foto dari Google Photos Kini Bisa Dikirim lewat "Chatting"

Kompas.com - 09/12/2019, 13:29 WIB
Yudha Pratomo,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Google Photos kini tak hanya berfungsi untuk menyimpan foto-foto milik pengguna, tapi juga bisa digunakan untuk saling berkirim pesan.

Kemampuan "chatting" tersebut merupakan fitur baru yang dihadirkan Google dalam layanan penyimpanan foto berbasis cloud itu.

Melalui sebuah posting dalam blog resminya, Google mengatakan bahwa fitur pengiriman ini sebenarnya dimaksudkan untuk mempermudah pengguna dalam membagikan foto.

Baca juga: Dituduh Curi Lirik Lagu, Google Digugat Rp 701 Miliar

Jadi, daripada membuat sebuah album hanya untuk mengirim satu foto lewat link, gambar yang bersangkutan bisa langsung dikirim ke pengguna lain lewat fitur pesan di Google Photos.

Nantinya, foto yang dikirimkan tersebut dapat disimpan dan diberikan respon oleh penerima dalam obrolan tersebut seperti "like" atau komentar.

"Anda dapat menyukai foto atau memberikan komentar dalam percakapan. Anda juga dapat dengan mudah menyimpan foto atau video tersebut ke galeri Anda sendiri," kata Janvi Shah, Product Manager Google Photos,

Menurut Janvi fitur ini memang dibuat sebatas untuk mempermudah pengguna dalam membagikan foto kepada pengguna lain, bukan untuk menggantikan fungsi dari aplikasi chat lain yang sudah dipakai.

Dihimpun KompasTekno dari Blog Google, Senin (9/12/2019), cara menggunakan fitur pengiriman pesan di Google Photos mudah saja. Pengguna cukup memilih foto atau video yang ada di library Google Photos ibrary, kemudian pilih share.

Baca juga: Google dan Facebook Akan Bangun Data Center di Indonesia

Selanjutnya pilih kontak atau grup yang ingin dikirimi pesan. Pengguna pun bisa menambahkan pesan pada panel yang tersedia. Setelah selesai, tekan kirim.

Fitur ini mulai diluncurkan secara bertahap oleh Google pada awal Desember 2019 dan akan tersedia untuk semua pengguna Google Photos di Android, iOS, dan web.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com