Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Disebut Bakal Rilis iPhone "Polos" pada 2021

Kompas.com - 10/12/2019, 07:03 WIB
Putri Zakia Salsabila ,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber MacRumors

KOMPAS.com - Meski jajaran iPhone 11 baru diperkenalkan beberapa bulan lalu, sejumlah kabar mengenai penerus dari perangkat ini mulai ramai dibicarakan. Salah satunya berasal dari analis pasar ternama, Ming-Chi Kuo.

Ming-Chi Kuo merupakan analis yang andal dan tak jarang prediksinya menjadi kenyataan. Kali ini, ia meramalkan bahwa pada tahun 2021 mendatang Apple akan merilis sebuah perangkat iPhone yang "polos" tanpa port.

Kuo mengatakan pada tahun 2021, Apple akan memangkas keberadaan lightning port pada perangkat iPhone. Meski ia tidak menyebutkan dengan spesifik, perangkat iPhone yang dimaksud diduga adalah varian iPhone SE 2 Plus.

Kuo pun menduga bahwa Apple tidak berencana untuk menggunakan USB tipe C sebagai pengganti lightning port. Artinya, iPhone yang dirilis pada 2021 mendatang akan sepenuhnya nirkabel.

Jika benar demikian, penghilangan port lightning ini menjadi kali pertama yang dilakukan Apple. Lightning port sejak lama memang telah menjadi salah satu ciri khas perangkat milik Apple.

Apple pun sempat digosipkan akan beralih menggunakan USB tipe C, namun sampai sekarang hal tersebut tidak pernah terjadi.

Baca juga: iPhone 11 Diam-diam Lacak Lokasi Pengguna, Apa Kata Apple?

"Apple akan lebih banyak membuat diferensiasi pada perangkat kelas atas dengan perangkat yang kelasnya paling atas. Kami menduga bahwa perangkat yang kelasnya paling atas akan menghilang lightning port sehingga sepenuhnya nirkabel," ungkap Kuo.

Dikutip KompasTekno dari MacRumors, Selasa (10/12/2019), Kuo juga memprediksi bahwa iPhone tersebut nantinya tidak akan memiliki fitur keamanan Face ID authentication dan perangkat tersebut akan hadir tanpa tombol "home".

Kuo menjelaskan, nantinya iPhone tersebut akan mengandalkan fitur keamanan Touch ID yang bakal disematkan pada tombol power pada sisi ponsel. 

Baca juga: iPhone 11 Rilis di Indonesia, Harga iPhone XR, XS, dan XS Max Turun

Kuo juga memprediksi bahwa ponsel ini akan memiliki layar seluas 5.5 inci atau 6.1 inci.

Selain itu Kuo menyebut pada 2020 mendatang Apple juga akan merilis empat produk iPhone yang memiliki layar tipe OLED dengan ukuran yang berbeda.

Jajaran iPhone ini akan memiliki ukuran layar seluas 5,4 inci, dua tipe berukuran 6,1 inci, dan satu lainnya berukuran 6,7 inci. Keempat iPhone anyar ini pun diramalkan akan dibekali konektivitas 5G.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber MacRumors
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com