Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Maps Mode Menyamar Kini Hadir di Perangkat iOS

Kompas.com - 10/12/2019, 19:03 WIB
Conney Stephanie,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber CNET

KOMPAS.com - Setelah bersabar menanti, kabar gembira kini datang untuk para pengguna perangkat Apple. Pasalnya kini mode penyamaran pada Google Maps versi iOS sudah bisa dinikmati.

Seperti diketahui sebelumnya, Google lebih awal meluncurkan fitur incognito alias mode menyamar ini untuk pengguna Android pada bulan Oktober lalu.

Melalui mode ini pengguna bisa lebih terjaga privasinya. Sebab dengan mode incognito di Google Maps ini, maka tempat yang pernah dikunjungi oleh pengguna tidak akan tersimpan dalam riwayat lokasi.

Mode ini sejatinya sudah lebih dulu hadir di beberapa layanan dan aplikasi milik Google, seperti pada Google Chrome dan YouTube.

Dikutip KompasTekno dari Cnet, Selasa (10/12/2019), dengan datangnya mode incognito bagi pengguna iOS, maka Google Maps tidak akan menyimpan informasi riwayat perjalanan pengguna untuk mempersonalisasi pengalaman.

Dengan demikian, privasi pengguna akan menjadi lebih terjaga.

Cara mengaktifkan mode incognito di Google Maps Mode penyamaran ini bisa dibilang cukup mudah. Untuk mengaktifkannya, pengguna cukup menyentuh foto profil pada Google Maps dan akan muncul pilihan aktivasi incognito.

Baca juga: Percuma Buka Situs Porno Pakai Mode Incognito

Ketika mode ini aktif, bilah navigasi pada Google Maps akan berubah warna menjadi kelabu.

Untuk menon-aktifkannya, pengguna cukup klik ikon Incognito yang menggantikan avatar pengguna tadi dan kemudian pilih opsi "Turn off Incognito mode".

Mode incognito pada Google Maps ini pertama kali diumumkan dalam ajang tahunan Google I/O pada bulan Mei lalu.

Menurut CEO Google, Sundari Pichai, Google saat ini mengedepankan privasi pengguna sebagai pertimbangan utama dalam mengembangkan fitur maupun aplikasi.

Baca juga: Dituduh Curi Lirik Lagu, Google Digugat Rp 701 Miliar

"Isu privasi memang tidak akan pernah berakhir. Bicara soal Maps, kami menyediakan mode incognito agar riwayat pengguna dalam aplikasi ini tidak disimpan dan privasi tetap terjaga," kata Pichai kala itu.

Ketika mode Incognito diaktifkan, semua perintah dan catatan yang diinput oleh pengguna akan langsung dihapus dengan sendirinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com